Berita Kutim Terkini

Pemkab Kutim Pastikan 60 Persen Jalan Daerah Bakal Representatif untuk Dilewati

Selama kepemimpinan Pemerintah Kabupaten Kutim saat ini, dipastikan paling tidak 60 persen jalan milik daerah meningkat adi representatif.

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Aris
Tribun Kaltim/Syifaul
Kondisi Jalan di Kutai Timur - Jalan Rusak di APT Pranoto, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Selama kepemimpinan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, dipastikan paling tidak 60 persen jalan milik daerah meningkat jadi representatif.

Jalan-jalan penghubung antar wilayah yang ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan terkoneksi dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman kepada awak media usai memimpin rapat kerja bersama OPD dan camat.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Kutai Timur Hari Ini Selasa 5 Juli 2022, Sangatta Diguyur Hujan di Malam Hari

"Inshaa Allah, mudah-mudahan selama pemerintahan ini, paling tidak 60 persen-lah jalan APBD kita sudah bisa terkoneksi dengan baik dalam artian peningkatan jalannya itu representatif untuk kita lewati," ujarnya, Selasa (5/7/2022).

Termasuk di dalamnya jalan-jalan penghubung kecamatan pedalaman seperti Long Mesangat, Sandaran, dan Muara Bengkal.

Peningkatan tersebut dilakukan secara bertahap khususnya di sepanjang jalan poros dengan skema tahun jamak atau multiyears sampai pada tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Harga Daging Sapi di Sangatta Kutai Timur Capai Rp 140 Ribu per Kg

"Ada beberapa yang sudah kita persiapkan untuk kita tingkatkan dengan salah satunya menggunakan skema tahun jamak sampai 2024," ucapnya.

Namun tidak itu saja, Bupati juga mendorong agar perusahaan-perusahaan di Kutim yang turut menggunakan jalan milik daerah untuk membantu memperbaiki dengan tetap mengikuti regulasi.

Di tingkat kecamatan, sudah ada beberapa camat yang secara intensif berkomunikasi dengan perusahaan dalam hal perbaikan jalan agar bisa segera dilalui oleh masyarakat.

Baca juga: Serapan Anggaran Masih Rendah, Bupati Kutim Minta OPD Genjot di Triwulan Ketiga

"Jalur yang dikelola menggunakan APBD yang dipakai oleh perusahaan, ya mohon mereka membantu memperbaikinya. Alhamdulillah beberapa Camat kita sudah berkreasi untuk beroperasi berkolaborasi dengan perusahaan (dalam hal perbaikan jalan)," ujarnya.

Kendati kerjasama dengan perusahaan swasta bisa dimanfaatkan ketika urgensi perbaikan jalan harus prioritas, pemerintah tetap tidak berlepas tangan.

Di sisi lain, pemerintah tetap memiliki kewajiban untuk membangun, memperbaiki, dan meningkatkan jalan-jalan daerah yang ditanggung oleh APBD.

"Tetap di sisi lain kita punya kewajiban untuk membangunnya, memperbaikinya, dan meningkatkannya," ujarnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved