Berita Kaltim Terkini

Polemik Harga Cabai di Kaltim, di Balikpapan Harga Turun, Tapi di Bontang Makin Melonjak Naik

Di Kaltim, terdapat daerah yang mengalami penurunan harga cabai. Tapi, di daerah lain di Kaltim juga ada harga cabai yang malah makin melambung naik

Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ISMAIL USMAN
Situasi di lapak sayuran lantai 2 Pasar Tamrin Bontang. Harga cabai dan bawang merah melonjak jelang Idul Adha. (TRIBUNKALTIM.CO/ISMAIL USMAN) 

TRIBUNKALTIM.CO - Polemik naik turun harga cabai di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) jelang Idul Adha 1443 Hijriah mmenimbulkan tanda tanya.

Di Kaltim, terdapat daerah atau kabupaten/Kota yang mengalami penurunan harga cabai.

Tapi, di daerah lain di Kaltim juga ada harga cabai yang malah makin melambung naik harganya.

Baca juga: Jelang Idul Adha 1443 H, Harga Cabai di Pasar Pandan Sari Balikpapan Turun Rp 80 Ribu per Kilogram

Sebut saja di Kota Balikpapan yang sempat mematok harga Rp 90 Ribu hingga Rp 100 ribu per kikogramnya, kini harga cabai menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha do kota tersebut terpantau turun dikisaran Rp 80 Ribu per kilogramnya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Arif (52), salah satu penjual cabai di Pasar Pandan Sari Kota Balikpapan.

“Sudah turun sekarang, kemarin naik karena kurangnya pemasok kan. Harga ikut turun walau cuma 10 persen. Untuk stoknya sudah stabil, cuma harga masih mahal kalau saya bilang,” ujar Arif kepada Tribunkaltim.co, Jumat (8/7/2022).

Menurut Arif, selain harga naik nya cabe, kondisi dari cabai sendiri juga mempengaruhi pendapatannya yang sekarang menurun.

“Pendapatan ikut berpengaruh ya, kadang juga sudah harga naik kita rugi dengan kondisi cabainya. Karena kondisi cabai tidak semuanya mulus, ada juga yang rusak. Menurunnya bisa sampe 20 persen kalau jelek banget," tambahnya.

Arif meyakinkan hingga menjelang Iduladha nanti, harga cabai diprediksi Rp 80 Ribu per kilogramnya.

“Denger-denger sih harganya tetap Rp 80 Ribu sampai menjelang Idul Adha, nah kalau kira-kira ada perubahan harga lagi setelah Idul Adha belum tau ya,” ujar Arif.

Baca juga: Harga Cabai di Bontang Semakin Pedas hingga Tembus Rp 115 Ribu/Kg

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved