Berita Nasional Terkini

Untuk Legalitas Ganja, Deputi Pemberantasan BNN: Tetap Kategori Narkotika Golongan I

Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) , Irjen Pol Kenedy mengatakan, tetap konsen pada undang-undang (UU) soal narkotika jenis ganja

Editor: Samir Paturusi
canva/tribunkaltim
Ilustrasi ganja- Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) , Irjen Pol Kenedy mengatakan, tetap konsen pada undang-undang (UU) soal narkotika jenis ganja masuk dalam golongan I. 

TRIBUNKALTIM.CO- Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) , Irjen Pol Kenedy mengatakan, tetap konsen pada undang-undang (UU) soal narkotika jenis ganja masuk dalam golongan I.

Kenedy mengatakan, pihaknya masih melakukan sesuai UU yang menyatakan narkotika jenis ganja masuk golongan I.

"Untuk legalisasi ganja, BNN pada dasarnya Deputi Pemberantasan konsen masih tetap melakukan itu selagi regulasi dan undang-undangnya masuk ke narkotia golongan I," kata Kenedy kepada wartawan, Kamis.

Sebelumnya, Kepala BNN, Petrus Reindard Golose secara tegas menolak legalisasi ganja untuk segala keperluan, walaupun berkaitan dengan kebutuhan medis.

Baca juga: Akhirnya DPR RI Surati Jokowi Agar Perintahkan Menkes Beri Ganja Medis ke Fika

Baca juga: Pro dan Kontra, BNN Sebut Ganja di Indonesia Sulit Dijadikan Obat Medis

Baca juga: BNNK Balikpapan Catat 10 Jaringan Ganja, Maraknya Kafe Jadi Sasaran Empuk Pengedar

Pertimbangan ini dipilih Golose tak lain untuk menyelamatkan generasi muda.

"Sampai sekarang di Indonesia, ganja tetap ilegal," ujarnya.

"Saya sebagai Kepala BNN, saya lebih cenderung menyelamatkan generasi muda Indonesia, generasi bangsa ini daripada melegalkan (ganja), itu sikapnya BNN."

"Dalam undang-undang dibolehkan untuk ilmu pengetahuan, tapi sampai dengan sekarang belum ada legalisasi ganja."

"Sekali lagi saya katakan tidak ada legalisasi, yang ada baru isu-isu," tegas Golose dikutip dari tayangan Kompas Tv, Rabu (13/7/2022).

Meskipun, kata Golose, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah menurunkan level keberbahayaan ganja dari level 4 menjadi 1.

Namun, BNN tetap tegas untuk tidak melegalkan ganja.

"Memang di United Nations disebutkan dari schedule number four menjadi schedule number one, jadi dari the most dangerous substances menjadi danger."

"Tetapi (kebijakan lebih lanjut) diserahkan kepada negara masing-masing."

Baca juga: DPR Buka Peluang Mengkaji Legalisasi Ganja Pasca Aksi Santi Viral karena Ganja Medis untuk Anaknya

"Sekali lagi pada waktu di United Nations voting satu suara memang yang tadi dari schedule number four to be scheduled number one dan negara itu yang menyetujui (hanya) Thailand."

"Tapi dalam pembicaraan minister level untuk against drugs, saya juga berbicara atas nama bangsa dan Indonesia, saya (menyatakan) tidak setuju dan diikuti dengan beberapa negara ASEAN yang lain," jelas Golose. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Irjen Pol Kenedy: BNN Tetap Tolak Legalisasi Ganja Medis, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/14/irjen-pol-kenedy-bnn-tetap-tolak-legalisasi-ganja-medis?page=all.

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved