Pilpres 2024

Ridwan Kamil Cawapres, bisa Jadi Kunci Kemenangan di Pilpres 2024, Survei: Prabowo-RK dan Ganjar-RK

Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden (cawapres) bisa jadi kunci kemenangan di Pilpres 2024. Simak hasil survei Prabowo-RK hingga Ganjar-RK

Dokumentasi Disdik Jabar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK). Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden (cawapres) bisa jadi kunci kemenangan di Pilpres 2024. Simak hasil survei Prabowo-RK hingga Ganjar-RK 

TRIBUNKALTIM.CO - Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, elektabilitas Ridwan Kamil meningkat drastis.

Dari hasil survei di sejumlah lembaga survei, elektabilitas Ridwan Kamil (RK) atau yang biasa disapa Kang Emil naik drastis.

Bahkan pria yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat ini disebut bisa mendongkrak elektabilitas calon presiden (capres) jika Kang Emil menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Dengan menjadikan Ridwan Kamil sebagai cawapres disebut sebagai kunci kemenangan di Pilpres 2024.

Laporan dari sejumlah lembaga survei, elektabilitas Ridwan Kamil terus meningkat pesat.

Berbeda dari sejumlah lembaga survei yang meneropong elektabilitas Ridwan Kamil sebagai capres, CigMark menyoroti peluang Kang Emil sebagai kandidat cawapres.

Dengan elektabilitas Ridwan Kamil sebagai capres yang terus meningkat, maka jika Kang Emil digandeng sebagai cawapres, maka akan mendongkrak elektabiltas capresnya.

Dari survei CigMark ini, Ridwan Kamil adalah kandidat yang paling kontributif sebagai cawapres dibandingkan figur lainnya.

Baca juga: Tak Usulkan Ganjar Pranowo, PAN Solo Pilih Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Bakal Capres 2024

Dalam surveinya, CigMark melakukan simulasi dengan dua atau tiga pasangan.

Dari hasil simulasi tersebut, Ridwan Kamil tetap berkontribusi besar mendulang suara pada Pilpres 2024.

Hasil survei CigMark menunjukkan pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil meraih dukungan sebesar 38,1 persen.

Pasangan Ganjar-RK ini unggul dari duet Prabowo Subianto-Erick Thohir yang mendapat 23,3 persen, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 22,1 persen dengan undecided 16,5 persen.

Menurut Founder CigMark, Setia Darma mengungkapkan, jika Ridwan Kamil menjadi cawapres dari Prabowo Subianto pun akan tetap unggul dari pasangan lainnya.

"Pasangan ini juga unggul dari pasangan lainnya dengan memperoleh dukungan 37,7 persen," kata Setia, di Jakarta Pusat, Selasa (5/7/2022) seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved