Berita Kukar Terkini

Tak Terawat, Danramil Pimpin Pembersihan Tempat Sejarah Palagan Merah Putih Sangasanga

Danramil 0906-04/Sangasanga memimpin gotong royong pembersihan tempat bersejarah Palagan Merah Putih Sangasanga bersama kecamatan dan kelurahan.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
HO/ Danramil 0906-04/Sangasanga
Danramil 0906-04/Sangasanga memimpin gotong royong pembersihan tempat bersejarah Palagan Merah Putih Sangasanga.(HO/ Danramil 0906-04/Sangasanga) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Danramil 0906-04/Sangasanga memimpin gotong royong pembersihan tempat bersejarah Palagan Merah Putih Sangasanga.

Kegiatan ini dilakukan dengan bekerjasama antara pemerintahan kecamatan, kelurahan, organisasi PSHT Ranting Sangasanga Pranuka, Ormas dan masyarakat.

Gotong royong pembersihan tempat bersejarah Palagan atau Monumen Merah Putih Sangasanga dilakukan karena selama ini lokasi tersebut kurang terawat.

Baca juga: Arema FC Juara Piala Presiden 2022, Trofi Pertama Pelatih Eduardo Almeida Bersama Singo Edan

"Monumen ini harus dirawat agar anak anak kita nanti mengetahui sejarah di Sangasanga adalah Kota Juang Merah Putih" kata Danramil 0906-04/Sangasanga, Kapten Inf Priyanto, Senin (18/7/2022).

Keberadaan Palagan Merah Putih Sangasanga memang cukup penting sebagai tanda sejarah perjuangan rakyat Sangasanga.

Monumen ini mengingatkan kegigihan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan kota Sangasanga dari tangan penjajah.

Saat itu, pergerakan para pejuang dari kota Sangasanga ialah dengan memukul mundur pasukan penjajah sampai ke Muara Sangasanga.

Baca juga: Diguyur Dana Rp 5,2 M, Program TMMD ke-144 di Kukar akan Fokus Bangun 16 Titik Jembatan

Dalam sejarah perjuangan, andil masyarakat Sangasanga dalam membantu perjuangan para pejuang mempertahankan kemerdekaan sangatlah besar.

Dalam memperjuangkan kemerdekaan, masyarakat dengan sukarela membantu pejuang dengan menyiapkan makan dan minum bagi para pejuang.

"Maka itu, kami dari Koramil 0906-04/Sangasanga siap menggerakkan warga untuk gotong royong pembersihan tempat sejarah ini," ujar Kapten Inf Priyanto.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster di Kutai Kartanegara Hari Ini, Senin 18 Juli 2022

Jika mengingat sejarah perjuangan yang panjang, Danramil Sangasanga pun cukup menyayangkan jika tempat bersejarah Palagan Merah Putih kondisinya sangat tidak terawat.

Menurutnya, monumen bersejarah itu oerlu mendapatkan sentuhan, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan di kawasan sekitar Palagan Merah Putih Sangasanga.

"Kondisi saat ini tempat sejarah itu memang sangat tidak terawat, maka sangat sayang sekali kalau tidak di bersihkan," tandasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved