Dahulu Sulit, Kini Berobat Sangat Mudah dengan JKN BPJS kesehatan

Program Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat bagi keluarga Deny Setiawan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
Deny Setiawan mengaku kehadiran program JKN BPJS Kesehatan menjadi solusi untuk mendapatkan kemudahan dalam pelayanan kesehatan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selalu menjadi solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Risiko menelan biaya yang besar dalam mengakses layanan kesehatan menjadi manfaat utama yang dapat diperoleh dari adanya program JKN.

Hal itu dirasakan oleh keluarga Deny Setiawan.

Baca juga: Berkat Program JKN BPJS Kesehatan, Berobat Menjadi Lebih Mudah dan Aman

Dirinya merupakan warga Kota Balikpapan yang telah mendapatkan program JKN gratis dari Pemerintah Kota Balikpapan.

Baginya, kehadiran program JKN sangatlah penting.

Ditemui di kediamannya, ia menyampaikan manfaat kehadiran program JKN yang dirasakan oleh keluarganya.

"Sekarang kalau berobat pakai BPJS Kesehatan pasti mudah, tidak seperti dulu. Dulu kalau sakit pasti bingung dan susah. Kalau dibawa ke rumah sakit harus punya uang. Kalau tidak punya uang, ya di rumah saja, minum obat seadanya. Sekarang ada BPJS Kesehatan 'kan enak, berobat kerumah sakit bisa gratis," ujar Deny.

Ia mengaku bersyukur dirinya masih diberikan kesehatan, bahkan  belum pernah sama sekali merasakan perawatan di rumah sakit.

Namun, hal tersebut tidak menjadikan dirinya untuk menghiraukan adanya program JKN.

Baca juga: Rasakan Manfaat Jadi Peserta JKN, Seluruh Biaya Persalinan Dijamin BPJS Kesehatan

Baginya, program JKN ini sangat penting dalam hal preventif biaya kesehatan pada masa sekarang dan akan datang.

"Walaupun saya belum pernah berobat, tapi melihat manfaat yang dirasakan oleh keluarga saya. Saya rasa sangat penting adanya BPJS Kesehatan ini. Keluarga saya dulu ada yang sakit gagal ginjal dan diharuskan untuk cuci darah, alhamdulillah, semua biayanya ditanggung BPJS Kesehatan. Mungkin jika tidak ada BPJS Kesehatan, keluarga saya juga tidak mungkin bisa berobat," lanjut Deny.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan yang telah mendaftarkan warga Kota Balikpapan sebagai peserta program BPJS Kesehatan, yang mana iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Baca juga: Sambut HUT Ke-54, BPJS Kesehatan Balikpapan Gelar Donor Darah Bersama

Menurutnya, manfaat adanya program JKN ini sangat banyak sekali, apalagi iurannya dibiayai oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Oleh karenanya, sudah sepatutnya program JKN ini terus berlangsung karena memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Indonesia. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved