Tingkatkan Pemahaman Program JKN, Pemkot Balikpapan Bersama BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi

BPJS Kesehatan sosialisasi bersama Pemkot Balikpapan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai program JKN.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan bersama Pemkot Balikpapan saat menggelar sosialisasi guna meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai program Jaminan Kesehatan Nasional. 

TRIBUNKALTIM.CO - BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal tersebut dilakukan agar seluruh masyarakat dapat memahami alur layanan administrasi maupun layanan kesehatan.

Baca juga: Rasakan Manfaat Program JKN-KIS, Jaenatun Bersyukur Dapat Bantuan dari Pemkot Balikpapan

Kepala Bidang Perluasan, Pemeriksaan dan Pengawasan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Noormini menyampaikan, sosialisasi bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan ini dilakukan agar pemahaman masyarakat mengenai program JKN terus meningkat.

Dengan begitu, kendala-kendala yang terjadi atas ketidaktahuan mengenai alur layanan akan teratasi.

"Upaya sosialisasi terus kami lakukan, salah satunya dengan kegiatan seperti ini. Tentunya, kami juga sangat mendukung komitmen Pemerintah Kota Balikpapan yang mendaftarkan warganya ke dalam program JKN. Maka dari itu, untuk menghindari adanya ketidakpahaman alur layanan di masyakarat, kita terus lakukan sosialisasi seperti ini,” ujar Noormini.

Dirinya mengungkapkan, jumlah warga Kota Balikpapan yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) hingga bulan Juni 2022 sebanyak 184.198 jiwa.

Dengan begitu, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Pemkot Balikpapan untuk terus memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat melalui program JKN.

Selain itu, Noormini juga memberikan informasi layanan kepada peserta JKN.

Baca juga: Miliki Banyak Manfaat, Operasi Lancar Menggunakan Kartu JKN-KIS

Dirinya menjelaskan, BPJS Kesehatan telah memberikan beberapa kemudahan layanan seperti layanan pada aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomor 0811-8165-165, BPJS Kesehatan Care Center 165 dan Chat Asisstant JKN (CHIKA).

Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kanal layanan tersebut, sehingga tidak perlu lagi untuk datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan yang hadir, Jessie mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat baginya.

Apalagi, saat ini Pemerintah Kota Balikpapan telah memberikan jaminan kesehatan nasional secara gratis.

Menurutnya, program tersebut banyak manfaatnya bagi warga Kota Balikpapan.

"Program jaminan kesehatan gratis yang diberikan Pemkot Balikpapan tentunya sangat bermanfaat. Kita sekarang sudah tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan biaya berobat, semua sudah dijamin BPJS Kesehatan. Apalagi, adanya kegiatan hari ini menambah pengetahuan kami terkait dengan alur layanan BPJS Kesehatan, jadi sangat bermanfaat sekali bagi kami,” ujar Jessie.

Baca juga: 95 Persen Warga Terdaftar JKN-KIS, Kota Samarinda Capai Predikat UHC dari BPJS Kesehatan

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved