Berita Nasional Terkini

Profil & Kabar Habib Rizieq Shihab, Eks Pimpinan FPI Hari Ini Bebas dari Penjara

Eks Pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab Rabu (20/7/2022) hari ini bakal bebas dari penjara.

TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Eks Pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab (tengah). Dikabarkan Rizieq Shihab akan bebas dari penjara Rabu (20/7/2022) hari ini. (TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA) 

TRIBUNKALTIM.CO - Habib Rizieq Shihab, mantan pimpinan Front Pembela Islam / FPI, akan bebas dari penjara pada Rabu (20/7/2022) hari ini.

Eks petinggi FPI, Habib Rizieq Shihab akan keluar dari tahanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan tidak akan ada pengerahan massa untuk menjemput eks pentolan FPI tersebut.

"Alhamdulillah, sebelum sore (bebas)," ujar kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar, dilansir dari Kompas.com.

Aziz mengatakan, tidak ada pengerahan massa untuk menjemput Habib Rizieq Shihab.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat menyapa pendukung dan simpatisan saat tiba di sekitar markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat (10/11/2020).
Eks Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat menyapa pendukung dan simpatisan saat tiba di sekitar markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat (10/11/2020). (Tribunnews/Jeprima)

Adapun Habib Rizieq Shihab ditahan terkait dua kasus.

Pertama, Rizieq divonis 4 tahun penjara dalam kasus penyiaran berita bohong dan timbulkan keonaran terkait kasus tes usap RS Ummi.

Rizieq dianggap melanggar dakwaan primer, Pasal 14 Ayat (1) subsider Pasal 14 Ayat (2) lebih subsider Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca juga: Aziz Yanuar Bawa 6 Saksi untuk Munarman, Termasuk Eks Bos FPI Habib Rizieq Shihab?

Baca juga: Habib Rizieq Shihab Bakal Jadi Saksi Kasus Terorisme Munarman? Ini Kata Aziz Yanuar

Majelis hakim menilai, perbuatan Rizieq Shihab dalam kasus tes usap palsu di Rumah Sakit Ummi Bogor telah meresahkan masyarakat.

Kasus kedua, Rizieq divonis hukuman delapan bulan penjara dalam perkara pelanggaran kekarantinaan kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Hakim menilai Rizieq terbukti melanggar Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, yaitu tiap orang wajib mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan.

Sempat Bagi-bagi Baju Lebaran di Tahanan

Kuasa hukum Rizieq Shihab, Azis Yanuar, mengatakan, aksi bagi-bagi baju Lebaran itu dilakukan kliennya dalam rangka merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Alhamdulillah Habib juga bagikan (baju Lebaran) ke seluruh tahanan, termasuk non-muslim. Baju koko putih dan santunan lain untuk muslim ditambah peci dan sarung serta parfum untuk shalat," ujar Aziz kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Hari Pertama Ditahan di Rutan, Edy Mulyadi Dapat Bingkisan dari Habib Rizieq Shihab, Ini Isinya

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved