Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pemkab Mahulu Intens Kembangkan Ketahanan Pangan, Bupati Buka Rakor dan Evaluasi Pemerintah Kampung

Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh dan Yohanes Avun membuka rapat koordinasi dan evaluasi pemerintah kampung di Long Pahangai

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Sambutan Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh saat membuka rapat koordinasi dan evaluasi pemerintah kampung dalam mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Mahulu 2022 di Kecamatan Long Pahangai, Rabu (19/7/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Usai kunjungan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. bersama Wakil Bupati Drs Yohanes Avun, M.Si. ke Kecamatan Long Apari, kedua petinggi daerah itu kembali membuka rapat koordinasi dan evaluasi pemerintah kampung dalam mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Mahulu 2022 di Kecamatan Long Pahangai, Rabu (19/7/2022) .

Turut hadir Sekretaris Daerah Pemkab Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,M.M.; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Damianus Tamha, S.E.; Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Saripudin, S.E.

Baca juga: Wabup Mahulu Sambut Kunjungan Kerja Anggota Komisi V DPR RI

Dalam sambutannya, Bupati Bonifasius menyampaikan, program ketahanan pangan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat.

"Salah satunya adalah melalui Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022, di mana 20 persen anggaran dari dana desa, diperuntukkan bagi program ketahanan pangan," ungkap bupati.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, kebijakan ini perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi kampung dengan memanfaatkan lahan masyarakat, lahan yang telah mendapatkan izin perhutanan sosial.

Sebagaimana tema rakor "Mendorong Penguatan Peran Pemerintah Kampung dan Kelompok Tani dalam Meningkatkan Produksi Pertanian Organik Menuju Swasembada Pangan di Kabupaten Mahulu", bupati mengimbau seluruh masyarakat mendukung penuh dan proaktif terhadap program pembangunan demi menjamin kesinambungan pembangunan untuk mewujudkan Mahulu sejahtera dan berkeadilan.

Baca juga: Bupati Mahulu Sebut Modernisasi Pertanian Jadi Strategi

Sementara itu, Kepala DPMK Damianus Tamha, S.E. menerangkan, Pemkab Mahulu telah berupaya meningkatkan dan mengembangkan ketahanan pangan berkelanjutan agar tercapai swasembada pangan di Mahulu.

Untuk itu, Pemkab Mahulu melalui DPMK dan DKPP telah melakukan langkah-langkah dalam memfasilitasi pemerintah kampung sejak 2021.

Dimulai dengan pembukaan lahan, untuk penanaman padi gunung setiap kampung sekurang-kurangnya 10 hektare.

Lahan ini akan dikelola secara berkelanjutan agar ketahanan pangan di Mahulu, bisa segera tercapai maksimal sebagaimana harapan bupati dan wakil bupati Mahulu.

"Yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan asli kampung dan pendapatan para petani," harapnya.

Baca juga: Pemkab Mahulu Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati Buka Rakor dan Evaluasi Pemerintah Kampung

Turut hadir Kepala Bappelitbangda Gerry Gregorius, SE., M.Si. AK.; Kepala Diskominfotandi Markus Wan, S.Sos., M.Si.; Plt. Kadis Sosial P2PA Petrus Juk, S.Sos.; Sekretaris BPKAD Samson Batang, S.Sos.,M.Si.; Camat Long Pahangai Lorensius Liah, S.Sos.,M.Si.; Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Mahulu Rudiansyah, S.Hut.; M.E.; Kabag Pemerintahan Yopianus Anyang, S.Kom.; Kabid Dinsos Marite Devung, S.Kep. Ners; Kabag Prokopim Christianus Arie Dedy Bang S.E., M.Si.; petinggi, BPK, lembaga adat, aparatur kampung, jajaran pengurus kelompok tani, dan ketua BUMK se-Kecamatan Long Pahangai. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved