Berita Pemkab Mahakam Ulu

Wabup Hadiri Rapat Paripurna Ke-8, DPRD Setujui Pertanggungjawaban APBD 2021

Bupati Bonifasius Belawan Geh yang diwakili Wabup Yohanes Avun mengikuti Rapat Paripurna Ke-8 Masa Sidang II Tahun 2022 DPRD Mahulu.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wabup Mahulu Yohanes Avun menandatangani berita acara persetujuan bersama Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemkab Mahulu TA 2021 yang disaksikan Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan didampingi Wakil Ketua I Tiopilus Hanye dan Wakil Ketua II Martin Hat L. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. yang diwakili Wabup Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si. mengikuti Rapat Paripurna Ke-8 Masa Sidang II Tahun 2022 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahulu, Jumat (29/7/2022).

Paripurna dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Realisasi Semester Pertama APBD Pemkab Mahulu TA 2022 dan Prognosis 6 Bulan Berikutnya, sekaligus mendengar pendapat akhir fraksi dan persetujuan bersama terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemkab Mahulu TA 2021.

Baca juga: Sekda Lakukan Audiensi, BNPB Segera Beri Peralatan Dasar dan Logistik ke Mahulu

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE., M.BA yang didampingi Wakil Ketua I Tiopilus Hanye, S.AB., M.Si, dan Wakil Ketua II Martin Hat L, S.T., M.Si.

Selain itu, juga dihadiri dan anggota DPRD secara virtual maupun secara langsung dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Mahulu.

Bupati melalui sambutan yang dibacakan Wabup menyampaikan, serangkaian proses mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampaikan, pertanggungjawaban APBD TA 2021, dapat terlaksana dengan baik dan Pemerintah Pemkab Mahulu dapat meraih Opini WTP dari BPK untuk ke tiga kalinya.

"Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan dan Persetujuan Bersama Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 Kabupaten Mahulu, tidak lain untuk memberikan dasar hukum yang jelas, sekaligus mewujudkan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang taat pada peraturan perundang-undangan, akuntabel, efisien, efektif, ekonomis dan transparan, dengan tetap memperhatikan keadilan dan kepatutan," ungkap wabup.

Wabup menambahkan, dengan persetujuan raperda ini Pemkab Mahulu berharap, akan berdampak pada meningkatnya kualitas pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Mahulu, yang bermuara pada meningkatnya kualitas pelayanan terhadap masyarakat Mahulu.

Baca juga: Wabup Mahulu Terima Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kukar

Sementara itu, disampaikan oleh Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE., M.BA, sebagaimana pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah dan anggaran, kegiatan daerah, yang pada prinsipnya menyatakan, hasil pemeriksaan dibahas bersama Kepala Daerah dan DPRD, guna mendapat persetujuan bersama sebelum ditetapkan sebagai perda.

"Sebagaimana yang diketahui bersama raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Mahulu TA 2021 telah melalui tahapan, antara pemda dan DPRD, maka hari ini akan lanjut pada tahap akhir, mendengarkan pendapat akhir fraksi dan persetujuan bersama atas raperda dimaksud," katanya.

Setelah mendengarkan pendapat akhir masing-masing fraksi, Ketua DPRD Novita Bulan menyampaikan kepada seluruh para anggota DPRD yang hadir, apakah raperda ini dapat disetujui dan seluruh anggota DPRD Mahulu menyatakan setuju. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved