Ibu Kota Negara

Penyediaan Angkutan Umum di IKN Nusantara Penting agar Generasi Pertama tak Langsung Beli Mobil

Penyediaan angkutan umum di IKN Nusantara Kaltim penting dilakukan sedini mungkin. Agar generasi pertama di IKN Nusantara tak langsung beli mobil.

Dok Kementerian PUPR
Desain IKN Nusantara Kaltim. Penyediaan angkutan umum di IKN Nusantara Kaltim penting dilakukan sedini mungkin. Agar generasi pertama di IKN Nusantara tak langsung beli mobil. 

TRIBUNKALTIM.CO - Rencana Pemerintah membangun IKN Nusantara di Kalimantan Timur ( Kaltim ) terus menjadi perhatian masyarakat umum. 

Terkait dengan penyediaan infrastruktur di IKN Nusantara Kaltim, Institute for Transportation and Development Policy ( ITDP ) meminta agar Pemerintah menyediakan angkutan umum sedini mungkin.

Penyediaan angkutan umum ini menjadi krusial agar konsep zero carbon terpenuhi, jika tidak maka generasi pertama di IKN Nusantara Kaltim akan membeli kendaraan baik motor maupun mobil.

Demikian disampaikan Southeast Asia Director ITDP, Faela Sufa dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9, Kamis (28/7/2022) terkait sejumlah infrastruktur di IKN Nusantara Kaltim

Kekhawatiran Faela Sufa terkait kemungkinan generasi pertama ini membeli kendaraan jika Pemerintah tidak menyediakan angkutan umum ini didukung desain ruang jalan di Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara yang justru membuka ruang untuk kendaraan pribadi

Faela Sufa dalam kesempatan tersebut mengatakan, "Kemarin saya melihat struktur jalan yang didesain itu 50 persen masih dipergunakan untuk kendaraan pribadi, di sana di beberapa jalan kolektor bahkan jalan kolektor sekitar 43 persen.

Selain membuka ruang untuk kendaraan pribadi, desain ruang jalan ini disebut Faela Sufa tidak mengutamakan pejalan kaki dan pesepeda. 

"Jadi hal itu sangat bertentangan sekali dengan target IKN yang tertuang di dalam Undang-Undang," katanya. 

Baca juga: Jalankan Instruksi Jokowi, Hadi Tjahjanto Perintahkan Susun RDTR IKN Nusantara

Selanjutnya, Faela Sufa mengusulkan agar perencanaan ruang jalan IKN Nusantara menerapkan konsep transit di mana pejalan kaki dan angkutan umum bisa menjadi moda utama untuk perjalanan.

Southeast Asia Director ITDP  juga mengatakan, penyediaan angkutan umum listrik harus dilakukan sedini mungkin agar pembangunan IKN fokus pada zero carbon.

Ini adalah hal penting yang harus dilakukan. 

"Nanti kalau ini tidak dilakukan, nanti generasi pertama IKN bisa-bisa langsung beli motor atau bawa mobil.

Itu lah kenapa penyediaan angkutan umum sejak awal sangat penting," katanya seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com

Lebih lanjut, Faela mengatakan, selain menyediakan angkutan umum listrik, pemerintah harus membatasi jumlah kendaraan pribadi di IKN dan membangun micro mobility agar pergerakan penduduk menggunakan sepeda, skuter dan berjalan kaki lebih nyaman dan aman.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved