Fokus Penyembuhan tanpa Memikirkan Biaya karena Ikut Program JKN, Ernawati Mengaku Senang

Ernawati mengaku senang dengan hadirnya program JKN, dirinya hanya perlu fokus penyembuhan tanpa memikirkan biaya.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
Salah satu peserta JKN di Kota Balikpapan, Ernawati mengaku senang dengan mengikuti program dari BPJS Kesehatan, dirinya hanya perlu fokus penyembuhan tanpa memikirkan biaya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Balikpapan, Ernawati mengaku senang.

Program JKN mengajarkan kepada dirinya untuk saling gotong royong, bantu-membantu antara yang mampu dengan yang kurang mampu.

Saat ditemui di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan, dirinya pun menjelaskan manfaat program JKN yang telah dirasakannya.

Baca juga: Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional, BPJS Kesehatan Bersinergi dengan Polda Kaltim

Saat ini, dirinya tengah melakukan pengobatan pada jantungnya.

Setiap kali berobat dengan kartu JKN-nya, dirinya tidak pernah mengeluarkan biaya lagi untuk berobat.

Cukup menunjukkan kartu JKN, seluruh biaya dijamin.

"Saya tuh terbantu sekali dengan adanya BPJS Kesehatan ini, karena biaya pengobatan sekarang kan sudah tidak murah lagi. Apalagi kita tidak tahu kapan kita akan sakit. Saat ini, saya sedang melakukan pengobatan penyakit jantung. Ya, namanya sudah dikasih sakit, saya jalanin aja. Alhamdulillah, ada BPJS Kesehatan, bisa berobat dan kontrol tiap bulan. Tapi dengan adanya penyakit ini, saya jadi belajar untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat," ujar Ernawati saat melakukan rawat jalan.

Baca juga: Dahulu Sulit, Kini Berobat Sangat Mudah dengan JKN BPJS kesehatan

Selama terdaftar menjadi peserta JKN, baru kali ini dirinya mendapatkan manfaat layanan kesehatan untuk melakukan beberapa perawatan, guna menyembuhkan penyakitnya.

"Instruksi dari dokter selalu saya ikuti, harus melewati beberapa perawatan rutin. Pelayanan dari rumah sakit juga sangat baik. Saya merasa senang dengan adanya BPJS Kesehatan ini. Saya tidak perlu lagi untuk memikirkan biayanya. Sekarang saya fokus untuk penyembuhan, masalah biayanya udah ada BPJS Kesehatan. Jika bisa memilih, saya lebih baik memilih sehat dibanding sakit walaupun biayanya sudah dijamin," lanjut Ernawati yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga.

Baca juga: Berkat Program JKN BPJS Kesehatan, Berobat Menjadi Lebih Mudah dan Aman

Ia menambahkan, dirinya senang bukan hanya karena manfaatnya saja, akan tetapi sifat dari program JKN ini adalah gotong royong.

Jika tidak memakai kartunya untuk berobat, artinya iurannya untuk membantu yang lain.

"Saya berharap BPJS Kesehatan ini terus berjalan karena memberikan manfaat ke banyak orang. Bisa kita lihat perbedaannya. Dulu masih banyak orang yang meminta donasi untuk pengobatan, akan tetapi sekarang udah tidak ada, salah satunya karena adanya BPJS Kesehatan ini," tutup Ernawati. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved