Berita Nasional Terkini

3 Dampak dari Perubahan Iklim, Presiden Jokowi Berpesan Perlu Antisipasi Sedini Mungkin

Isu perubahan iklim semakin santer di tengah masyarakat lantaran perubahan iklim diibaratkan sebagai ancaman bagi masyarakat dunia. 

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
ILUSTRASI Situasi ancaman perubahan iklim, kurangnya vegetasi hijau alam asri. Presiden Joko Widodo mengingatkan, bahwa perubahan iklim tidak bisa disepelekan, karena saat ini sudah memasuki kategori kritis dan penting untuk menjadi isu utama yang perlu diatasi bersama. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Isu perubahan iklim semakin santer di tengah masyarakat lantaran perubahan iklim diibaratkan sebagai ancaman bagi masyarakat dunia. 

Bahkan dikatakan, perubahan iklim merupakan ancaman bagi manusia setelah adanya petaka terpaan pandemi Covid-19

Pemerintah Indonesia sendiri tidak tinggal diam, terus mengangkat isu perubahan iklim sebagai persoalan yang harus dituntaskan. 

Perlu ada jalan keluar, harus ada solusi sejak dini agar tidak menjadi bencana yang bisa merugikan banyak pihak. 

Baca juga: Kemitraan Perubahan Iklim Indonesia dan Australia Dorong Peningkatan Investasi Energi Bersih Baru

Baca juga: Perubahan Iklim Pacu Peningkatan Suhu, Dunia Usaha Dituntut Kendalikan Emisi Gas pada 2040

Baca juga: 12 Perusahaan di Kaltim Terima Proper Merah, Perubahan Iklim dan Kelola Lingkungan jadi Acuan 

Melalui Presiden Joko Widodo mengingatkan, bahwa perubahan iklim tidak bisa disepelekan, karena saat ini sudah memasuki kategori kritis dan penting untuk menjadi isu utama yang perlu diatasi bersama.

"Kita menghadapi tantangan perubahan iklim yang berada pada kondisi yang kritis," kata Jokowi dalam Rakornas BMKG bertajuk 'Peran Info BMKG dalam Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional' pada Senin (8/8/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan, bahwa bukan tanpa alasan perubahan iklim menjadi persoalan serius dan penting untuk segera ditangani saat ini.

Berdasarkan data Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorogical Organization/WMO), indikator perubahan iklim dan dampaknya di tahun 2021 makin memburuk, di mana 7 tahun terakhir telah menjadi 7 tahun dengan suhu terpanas.

"Kondisi ini menjadi tantangan nyata bagi kita, bahwa perubahan iklim menjadi isu prioritas dan tantangan global," ujarnya.

Baca juga: Langkah Strategis di Sektor Kritikal Perubahan Iklim, Airlangga: Upaya Pemerintah Turunkan Efek GRK

Presiden Jokowi mengatakan, untuk menangani perubahan iklim ini, kita harus belajar dari cara kita mengatasi persoalan pandemi Covid-19.

Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 juga disebut-sebut merupakan salah satu dari banyak contoh dampak perubahan iklim yang terjadi.

Selain itu, saat Covid-19 mulai melanda atau menyerang banyak masyarakat di seluruh dunia, dampak yang terjadi pun sangat luas atau multisektoral.

Sehingga, setiap negara, termasuk Indonesia harus ikut berjuang mengatasinya dengan melibatkan banyak pihak, melakukan berbagai reformasi sistem birokrasi, administrasi dan lainnya.

Baca juga: Demo Tolak Aktivitas Sawit di Depan Kantor Dinas Perkebunan Kaltim, Serukan Dampak Perubahan Iklim

Setelah Covid-19, para ahli telah memperkirakan akan ada banyak dampak lainnya akibat perubahan iklim, seperti:

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved