Rapsodia Nusantara Berlangsung Meriah, Ganjar Sebut Spirit Kebersamaan Membangun Bangsa

Rapsodia Nusantara yang digelar di kawasan Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, berlangsung meriah. Kolaborasi ini berhasil membius ribuan penonton.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Ganjar Pranowo
Rapsodia Nusantara dalam rangka HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah dan HUT ke-77 Republik Indonesia berlangsung meriah. Kegiatan ini digelar di kawasan Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Sabtu (13/8/2022) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Panggung megah Rapsodia Nusantara dalam rangka HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah dan HUT ke-77 Republik Indonesia pada Sabtu (13/8/2022) malam di kawasan Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, berlangsung meriah.

Perpaduan antara lagu-lagu nasional, lagu-lagu nusantara, lagu populer dan karya musik terbaru dalam balutan musik orkestra berhasil membius ribuan penonton.

Pertunjukan yang mengawinkan musik kolintang, gamelan, dan unsur orkestra dengan komposer Dwiki Dharmawan itu sedianya dimulai pukul 19.00.

Hujan dan gerimis terpaksa menunda pertunjukan hingga pukul 21.30.

Baca juga: Bantu Kuliah sang Putri hingga Lulus Pascasarjana, Satu Keluarga dari Papua Temui Ganjar Pranowo

Spesialnya, kolaborasi pertama di tanah air antara kolintang, gamelan, dan orkestra tidak ditinggalkan oleh penonton.

Riuh rendah penonton justru pecah saat para personel World Peace Orchestra, Gamelan Soepra, dan Kolintang Gratia satu persatu memasuki panggung. 

Rintik gerimis masih turun saat lagu Indonesia Raya berkumandang sebagai tanda pertunjukan dimulai. Riuh penonton kembali menggelar setelah suara emas Andi /rif menggema dengan lagu "Bangun Pemudi Pemuda".

Disusul dengan penampilan dari penyanyi Dira Sugandi.

Selain Andi /Rif dan Dira Sugandi, sejumlah musisi lintas genre juga ikut berkolaborasi. Di antaranya Gabriel Harvianto, Filda.C.Wibowo, dan Nano Tirto.

Lalu, ada grup musik NDX AKA dan penyanyi Sruti Respati sebagai perwakilan dari Jawa Tengah dalam konser tersebut.

Baca juga: HUT Jawa Tengah, 30 Grup Seniman Jaranan dan Karawitang Ikuti Pertunjukan Spektakuler di Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, konser Rapsodia Nusantara di Kelenteng Sam Poo Kong tersebut sudah lama ia nantikan.

Pertunjukan ini merupakan kolaborasi musik yang sangat menarik karena memadukan antara musik kolintang, gamelan, dan orkestra.

"Saya sudah menanti betul acara ini. Ini kolaborasi musik yang menarik. Tradisional ada, kolintang ada, gamelan disiapkan, yang modern juga. Maka ini kita melihat konser yang sangat menarik di sekitar lingkungan Sam Poo Kong yang keren. Mudah-mudahan semuanya terhibur," katanya saat menyapa secara daring.

Meskipun hanya menonton secara daring, Ganjar tak mau kalah dengan gairah penonton di lokasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved