HUT Kemerdekaan RI

Rayakan Upacara HUT ke-77 RI di SMKN 1 Samarinda, Kemendikud Ristek Ajak Belajar Dengan Bahagia

Semangat meriahkan hari 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bertemakan Pulih Lebih Cepat Bangkit terlaksana dihalaman sekolah SMKN 1 Samarinda.

Penulis: Nevrianto | Editor: Aris
HO/SMKN 1 SAMARINDA
UPACARA KEMERDEKAAN RI- Suasana upacara di hari 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bertemakan Pulih Lebih Cepat Bangkit terlaksana dihalaman sekolah SMKN 1 Jalan Pahlawan Kot Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). (HO/SMKN 1 SAMARINDA) 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Semangat meriahkan hari 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bertemakan Pulih Lebih Cepat Bangkit terlaksana dihalaman sekolah SMKN 1 Jalan Pahlawan Kot Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).

Humas SMKN 1, Samarinda, Samhari menuturkan Peserta yang hadir upacara sekitar 1300 peserta didik, kemudian hadir pula tenaga pendidik dan kependidikan 96 orang, Mahasiswa PPL Unmul jurusan komputer 6 orang, orang tua petugas paskibraka SMKN 1 ada 25 orang dan ketua komite SMKN 1 dan pengurusnya.

Upacara dilaksanakan di Lapangan SMKN 1 Samarinda dengan protokol kesehatan.

Samhari,Kamis (18/8/2022)menjelaskan untuk Petugas upacara 17 Agustus 2022 SMKN 1 Samarinda diantaranya, Yohanes K, M.Pd sebagai Dirigent, Titiwagiyanti , M.Pd sebagai Protokol, Drs. Irwansyah sebagai Pembaca Doa, Parhan, S.Pdi sebagai Pembaca Proklamasi, Andrew sebagai Pembaca Pembukaan UUD 1945, kepala sekolah SMKN 1 Agus Tridojo, S.Pd, MM sebagai Inspektur upacara, dan Dani sebagai Perwira Upacara.

Baca juga: Jadwal Borneo FC vs Persebaya di Liga 1: Hari Ini Official Training di Stadion Segiri Samarinda

Kepala sekolah SMKN 1 Agus Tridojo pada pidatonya menyampaikan amanat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Dalam amanat itu, di Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dirinya mengucapkan selamat memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan RI dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya pelaku pendidikan untuk melanjutkan gotong royong mewujudkan Merdeka Belajar.

"Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia Merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar,”tutur amanat Mendikbudristek RI yang dibacakan Agus.

Dikemukakan Mendikbudristek, dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Baca juga: Andi Harun Ucap Terima Kasih kepada Anggota Paskibraka Atas Kesuksesan Pelaksanaan Upacara HUT RI

Menurut Mendikbudristek, semangat tersebut saat ini sedang dibuktikan melalui peran besar Kemendikbudristek melalui presidensi G20 dengan menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar,” ujar Mendikbudristek.

Lebih lanjut diungkapkan Mendikbudristek, beberapa program telah dilaksanakan Kemendikbudristek dalam perluasan akses pendidikan yang berkualitas, diantaranya melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan berbagai program dukungan siswa.

Selain itu, program Kampus Merdeka juga telah digulirkan Kemendikbudristek untuk menciptakan generasi muda yang terlatih dengan dunia kerja.

Baca juga: KNPI Balikpapan Gelar Istighosah Bersama Peringati HUT ke-77 RI dan Menyukseskan Pembangunan IKN

“Kita telah meyakinkan dunia bahwa generasi Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka,” tambah Mendikbudristek.

Pada sektor kebudayaan, dikatakan Mendikbudristek melalui forum G20 Kemendikbudristek mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya, khususnya di masa pascapandemi.

“Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang kami luncurkan dan telah memberikan banyak manfaat bagi para penggerak budaya kita,” jelas Mendikbudristek.

Baca juga: Profil Dwivasari Putri, Pembawa Baki Bendera saat Upacara HUT RI di Kubar, Ingin Jadi Polwan

Mengakhiri pidato, Mendikbudristek menyampaikan bahwa terobosan-terobosan tersebut baru sebagian kecil dari Merdeka Belajar yang kini telah mencapai 21 episode.

“Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan kami luncurkan, sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila,” tutur Mendikbudristek. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved