Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Diklat Standarisasi Guru Metode Tilawati, Kukar Cetak Guru Alquran Berkualitas

LPTQ Kukar menggelar Diklat Standarisasi Guru Al-Quran Metode Tilawati Level 1 dan 2 se-Kukar untuk encetak guru-guru Alquran yang berkualitas.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Asisten I Setkab Kukar Akhamd Taufik Hidayat membuka Diklat Standarisasi Guru Al-Quran Metode Tilawati Level 1 dan 2 se-Kukar di Gedung LPTQ Kukar, Jalan Jelawat, Tenggarong, Sabtu (20/8/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara, Akhamd Taufik Hidayat membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Standarisasi Guru Al-Quran Metode Tilawati Level 1 dan 2 se-Kukar di gedung Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kukar, Jalan Jelawat, Tenggarong, Sabtu (20/8/2022).

"Kegiatan ini sebagai salah satu program penting dalam mencetak guru-guru Alquran yang berkualitas di Kukar," ujar Akhamd Taufik saat membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah.

Disampaikannya, LPTQ Kukar sebagai leading sector beserta seluruh elemen di bawahnya, perlu mendorong program tersebut lebih masif lagi agar pengembangan tilawatil Quran diKukar terus maju dan berkembang secara lebih luas.

Baca juga: Senam Semangat Merah Putih di Tenggarong, Bupati Bagi-bagi Hadiah kepada Warga

Pemkab Kukar sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pengurus Tilawati Education Center (TEC) Regional 02 Kaltim dan TEC Cabang Istimewa Tenggarong.

Ini menandakan substansi dan tujuan lahirnya Perda Nomor 4 Tahun 2021 dalam meningkatkan budaya membaca Alquran, memahami isi dan kandungan Alquran serta mendorong masyarakat agar mampu mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, kata Akhmad, Pemkab Kukar memiliki harapan yang tinggi agar program dedikasi "Kukar Idaman" dalam bidang keagamaan, yang salah satunya dapat diwujudkan melalui Program Gema Idaman mampu memperkuat nilai-nilai keagamaan dalam pembangunan SDM Kukar yang religius, unggul, produktif, dan modern.

Baca juga: Layanan Broadband Digital 6,0 Hadir di Kutai Kartanegara

Kabupaten Kukar yang mampu meraih gelar Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Kaltim lima kali berturut-turut, disebutnya, merupakan wujud nyata kompetensi SDM Kukar yang mampu bersaing di pentas regional.

Pemkab Kukar mengingatkan lembaga-lembaga pengembang dan pembinaan Alquran di Kabupaten Kukar untuk terus konsisten dalam pembinaan baca tulis Alquran.

Sementara Direktur Eksekutif TEC Cabang Istimewa Tenggarong, Zainuri mengatakan, sasaran pelatihan tersebut adalah para guru- guru Al-Quran se-Kukar.

"Kenapa guru? Karena pendidik menentukan kualitas santrinya, ini sejalan dengam program Gema,” ujarnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved