Berita Nasional Terkini

Jelang Lengser, Anies Baswedan Siap Cabut Pergub Era Ahok dan Atasi Polemik Penggusuran

Jelang lengser, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap cabut Peraturan Gubernur/ Pergub era Ahok dan atasi polemik penggusuran.

KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Jelang lengser, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap cabut Peraturan Gubernur/ Pergub era Ahok dan atasi polemik penggusuran. 

TRIBUNKALTIM.CO - Jelang lengser, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap cabut Peraturan Gubernur/ Pergub era Ahok dan atasi polemik penggusuran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengakhir masa jabatannya pada Oktober 2022.

Anies Baswedan pun memenuhi janjinya kepada eks warga Bukit Duri korban penggusuran.

Baca juga: Diusulkan Kader dan Masyarakat, PKS DKI Setor Nama Anies Baswedan ke DPP sebagai Capres 2024

Baca juga: Dugaan Jual Beli Jabatan di Era Anies Baswedan, Wagub DKI: Kami Cek Kembali, Teliti Kebenarannya

Pada Kamis (25/8/2022) kemarin, Anies meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, yang menjadi rumah baru bagi eks warga Bukit Duri.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyatakan segera mencabut peraturan gubernur terkait penggusuran yang diteken Ahok pada 2016 silam.

Singgung Penggusuran Era Ahok

Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung berada di Jalan Kavling DPR, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Rusun itu dibangun Pemprov DKI khusus bagi bagi warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, yang rumahnya digusur karena proyek normalisasi Kali Ciliwung pada 2016 lalu.

"Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, pada hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022, secara resmi dinyatakan digunakan," kata Gubernur Anies ketika meresmikan kampung susun tersebut, Kamis kemarin.

Dalam sambutannya, Anies pun beberapa kali menyinggung penggusuran warga yang terjadi saat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memimpin Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kita, negara, harus berjanji agar tidak mengulangi peristiwa yang terjadi di Bukit Duri. Ini harus menjadi komitmen kami. Pemprov DKI juga begitu, tidak bisa lagi kami melakukan tindakan seperti yang kita saksikan," ujar dia, seperti dilansir dari Kompas.com https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/26/07520031/upaya-anies-benahi-polemik-penggusuran-jelang-lengser-kembalikan-rumah?page=all#page2

Menurut Anies, relokasi atau penggusuran pasti akan terjadi di Ibu Kota karena pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol, rel kereta, dan lain sebagainya.

Baca juga: Anies Baswedan Dapat SP2 Jelang Lengser dari Gubernur DKI, Punya 9 PR di Jakarta

Meski demikian, Anies menegaskan bahwa proses relokasi warga tersebut harus dilakukan dengan tertib tanpa adanya penggunaan kekerasan.

“Yang saya garis bawahi adalah tentang kekerasan, jangan sampai ada kekerasan lagi di dalam proses (relokasi), itu yang penting,” sebut Anies.

Anies juga menegaskan bahwa pemerintah harus menyediakan solusi bagi warga yang tergusur.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved