Pemilu 2024

Ridwan Kamil Punya Elektabilitas sebagai Cawapres dan Cagub, ke Mana Kang Emil? Kata Pengamat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil punya elektabilitas cawapres dan cagub. akan ke mana Kang Emil? Kata pengamat soal peluang Ridwan Kamil

Disdik Jabar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Punya elektabilitas sebagai cawapres dan cagub, akan ke mana Kang Emil? Kata pengamat soal peluang Ridwan Kamil 

TRIBUNKALTIM.CO - Dari sejumlah survei, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil punya elektabilitas tinggi sebagai calon wakil presiden ( cawapres ) dan calon gubernur ( cagub ). 

Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat kini tersisa satu tahun saja, lalu akan ke mana Kang Emil setelah selesai menjabat?

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi Ridwan Kamil terkait langkahnya setelah selesai masa jabatannya. 

Namun dari sejumlah survei, nama Ridwan Kamil cukup populer dan punya elektabilitas sebagai cawapres dan cagub.

Sebenarnya, Ridwan Kamil juga masuk deretan tokoh yang berpotensi menjadi calon presiden ( capres ). 

Sayangnya, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai capres masih kalah bersaing dengan sejumlah tokoh lainnya, seperti Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, dan Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan.

Namun, untuk deretan nama cawapres, Ridwan Kamil unggul dibandingkan sejumlah tokoh lainnya seperti Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY), dan juga Erick Thohir, Menteri BUMN.

Baru-baru ini yang nama Ridwan Kamil kembali disebut sebagai cawapres terfavorit dalam hasil Musyawarah Rakyat ( Musra ) Jawa Barat yang digelar Relawan Jokowi. 

Baca juga: Ridwan Kamil tak Khawatirkan Elektabilitasnya sebagai Capres, Harapan Kang Emil di Pilpres 2024

Berdasarkan e-voting yang diikuti oleh 5.721 peserta Musra I yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022), Ridwan Kamil menjadi cawapres terfavorit.

"Pak Ridwan Kamil meraih 2.225 suara atau 38,8 persen. Kemudian Airlangga Hartarto di posisi kedua dengan 758 suara atau 13,25 persen," ujar Ketua Dewan Pengarah Musra I Andi Gani Nena Wea.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved