Breaking News:

Komatsu-BPJamsostek Jalin Kerja Sama, Wujudkan Program CSR Lindungi 1.700 Pekerja Rentan

PT Komatsu Marketing and Support Indonesia dan BPJamsostek jalin kerja sama untuk mewujudkan program CSR.

Tribunkaltim.co/Ary Nindita Intan
PT Komatsu dan BPJamsostek saatb melakukan penandatanganan kerja sama untuk melindungi 1.700 pekerja rentan di Kota Balikpapan, Kamis (8/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Komatsu Marketing and Support Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek menjalin kerja sama untuk mewujudkan program CSR, Kamis (8/9/2022).

Salah satu bentuk perwujudan program CSR ini dengan memberikan perlindungan terhadap 1.700 pekerja rentan di Kota Balikpapan.

Melalui siaran pers yang diterima TribunKaltim.co, Kepala Kantor Cabang BPJamsostek I Nyoman Hary Sujana menyampaikan, setiap pekerja informal di wilayah Balikpapan akan menerima dukungan dalam bentuk pembayaran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di Kota Balikpapan.

"Setiap orang yang bekerja artinya seluruh pekerja itu mendapatkan jaminan dan mereka berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja terhadap keselamatan kerja, hari tua maupun kematian," tuturnya.

Baca juga: Peringati Harpelnas 2022, BPJamsostek Beri Layanan Khusus bagi Peserta Klaim Jaminan Tua

Diterangkan Nyoman, adanya program CSR ini, masyarakat memerlukan peran aktif atau partisipasi dari perusahaan maupun pemerintah.

"Ini merupakan salah satu daya dorong kita, dengan adanya program CSR ini, mereka jadi merasa teredukasi," ujarnya.

"Jadi program ini sepenuhnya dibayarkan oleh PT Komatsu kepada 1.700 pekerja selama 1 tahun dengan jangka waktu per bulan," imbuhnya.

Lanjut dalam penyampaiannya, saat ini Pemerintah juga sedang mencari solusi untuk memberikan perlindungan terhadap perkerja yang dikategorikan informal.

Sasaran dalam mewujudkan program CSR ini, Nyoman menyebutkan di antaranya petani, nelayan, marbot atau guru ngaji dan pekerja sosial.

"Pasti pekerja informal itu juga banyak resiko yang menghantui, jadi ketika mereka berangkat bekerja itu sudah dikategorikan dalam lingkungan kerja dan sudah harus diberikan perlindungan," terangnya.

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional 2022, Peserta BPJamsostek Dilayani Langsung oleh Kepala Kantor dan Jajaran

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved