Berita MHU

Dukung Peningkatan SDM, PT MHU Gelar Pelatihan Operator Alat Berat

PT Multi Harapan Utama menggelar pelatihan operator alat berat guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Kutai Kartanegara.

HO/PT MHU
Pelatihan operator alat berat yang digelar PT Multi Harapan Utama  guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Kutai Kartanegara, Senin (22/8/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Kutai Kartanegara, PT Multi Harapan Utama (MHU) menggelar pelatihan operator alat berat, Senin (22/8/2022).

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah yang membuka pelatihan ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan pada MHU atas inisiatif perusahaan dalam upaya meningkatkan SDM di Kutai Kartanegara.

“Apa yang dilakukan MHU ini adalah program yang menjadi tanggung jawab bersama kita, MHU lebih cepat, lebih duluan mengambil momen,” ujar Edy dalam siaran pers yang diterima TribunKaltim.co pada Selasa (13/9/2022).

Baca juga: MHU Goes to Campus 2022, Perusahaan Gelar Seminar Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Batubara

General Manager Mining Support MHU, Wijayono Sarosa mengatakan, tujuan menggelar inisiatif ini adalah memberikan bekal kompetensi bagi masyarakat sekitar perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja.

"Kita mendukung peningkatan SDM melalui kegiatan ini, agar masyarakat setempat memiliki kemampuan khusus yang dapat menjadi modal mereka untuk mendapatkan peluang pekerjaan lebih baik," ungkap Wijayono.

Kegiatan pelatihan yang menghadirkan instruktur dari Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Samarinda ini diikuti oleh 20 warga belajar (WB) yang terdiri dari 19 pria dan 1 wanita.

Dengan adanya peserta wanita, lanjut Wijayono, diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama dapat menambah ketersediaan operator alat berat wanita di Kutai Kartanegara.

"Diharapkan hal ini dapat mendukung upaya keseimbangan gender (gender balance) pada dunia kerja pertambangan," tukasnya.

Pembelajaran pada pelatihan ini dilakukan selama 30 hari, di mana pada setiap harinya membutuhkan waktu 8 jam belajar dengan total 240 jam belajar.

Baca juga: Dukung Energi Bersih, PT MHU Teken Kontrak Pembelian Layanan Renewable Energy Certificate PLN

Selanjutnya peserta akan diberikan kesempatan magang selama 1 atau 2 bulan di mitra kerja MHU. Setelah

selesai mengikuti rangkaian pelatihan, peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat operator alat berat.

Pada pelaksanaannya, MHU bermitra dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karang Melenu yang juga didukung oleh Pemerintah Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara.

PKBM tersebut sudah berpengalaman dalam menangani kegiatan pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved