IKN Nusantara

Ekosistem Pengembangan Atlet Secara Ilmiah, Fasilitasnya Tersedia di IKN Nusantara

Ekosistem pengembangan atlet secara ilmiah, fasilitasnya tersedia di IKN Nusantara

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO - Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara akan dilengkapi dengan beragam fasilitas bertaraf internasional.

Selain lingkungan yang nyaman huni dengan potensi ekonomi, IKN Nusantara di Kalimantan Timur juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga berkelas dunia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berencana membangun training center untuk Timnas Indonesia.

Terbaru, di IKN Nusantara akan dilengkapi fasilitas Sport Science Center yang menjadikannya sebagai ekosistem pengembangan atlet secara ilmiah.

Dilansir dari Kompas.com,  Wakil Presiden Maruf Amin menyebut pemerintah akan membangun Sport Science Center di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal tersebut diungkapkan usai menghadiri kegiatan peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas ke-39 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dia mengatakan dibangunnya Sport Science Center di IKN untuk pengembangan ekosistem olahraga nasional.

Fasilitas tersebut akan sangat bermanfaat bagi para atlet untuk mengembangkan diri.

“Jadi kita ingin membangun ekosistem ini ya, dengan menggunakan pendekatan-pendekatan ilmu pengetahuan, karena itu kita membangun Sport Science Center.

Di sini (IKN) akan kita bangun itu,” kata Wapres, Jumat (9/9/2022). Lebih lanjut Ma'ruf berharap Haornas jadi momentum untuk mewujudkan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Kita memajukan olahraga sesuai dengan rencana kita. Ujungnya adalah kita ingin benar-benar wujudkan prestasi olahraga yang berskala dunia,” ujarnya.

Maruf mengatakan dalam mewujudkan hal itu, harus dibangun kolaborasi semua pihak.

Mulai dari masyarakat hingga level menteri diminta untuk terlibat dalam gerakan tersebut. “Kolaborasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.
Dan pemerintah daerah harus menganggarkan untuk olahraga dan juga menggerakkan olahraga di daerah,” ungkapnya.

Dengan menggelorakan olahraga dari hulu ke hilir, diyakini dapat mencetak atlet-atlet berprestasi di masa mendatang.

“Dari hulunya itu kesegaran, kebugaran. Hilirnya adalah prestasi,” tuturnya. Hal senada juga diungkapkan Menpora Zainuddin Amali bahwa dari kegiatan Haornas ini diharapkan masyarakat semakin gemar berolahraga.

“Tentu dengan masyarakat yang gemar berolahraga maka itu menjadi hulu dari kebugaran, sebab kalau tidak bergerak maka kebugaran itu tidak akan kita dapatkan,” pungkasnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved