PLTS Derawan Menuju Green Island Wisata Pulau Derawan

PLN menghadirkan panel surya di Pulau Derawan dengan harapan dapat menjadi semangat awal cikal bakal Green Island Wisata.

Editor: Diah Anggraeni
HO/PLN UIW Kaltimra
PLN memasang PLTS di Pulau Derawan untuk menjadi semangat awal cikal bakal Green Island Wisata Pulau Derawan. Selain itu, hadirnya PLTS Derawan merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui pemanfaatkan energi baru terbarukan. 

TRIBUNKALTIM.CO - PLN memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur.

Pulau Derawan merupakan salah satu pesona wisata bahari yang memukau karena keindahan alam bawah lautnya.

Kehadiran panel surya di Pulau Derawan diharapkan menjadi semangat awal cikal bakal Green Island Wisata Pulau Derawan.

Baca juga: Dukung Inovasi Energi Bersih Masa Depan, PLN Gelar Pengembangan Start Up Elevation: Watts Up!

General Manager PLN UIW Kaltimra, Joice Lanny Wantania, mengatakan bahwa hadirnya PLTS Derawan merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui pemanfaatkan energi baru terbarukan.

"Hadirnya PLTS di Pulau Derawan menunjukkan komitmen PLN dalam penggunaan sumber listrik ramah lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan bauran energi hijau di Indonesia," terang Joice.

Dikelola oleh PLN UIW Kaltimra sejak tahun 2012, PLTS Derawan beroperasi dengan daya mampu maximum hingga 80 kilo watt peak (kWp) untuk menyuplai listrik warga kepulauan Derawan.

Baca juga: Pemasangan Jaringan Listrik di MMB Kubar, Tahap Awal PLN Targetkan 500 Calon Pelanggan

Menurut Joice, keberadaan PLTS Derawan terus diperbaiki dan direvitalisasi sehingga bisa memberikan suplai listrik yang lebih stabil bagi warga setempat.

"Saat ini kami fokus melakukan pengelolaan agar operasi PLTS Derawan bisa maksimal. Kedepannya kami rencanakan untuk melakukan revitalisasi panel surya untuk meningkatkan kapasitas hingga 190 kWp," tambahnya.

Melalui PLTS Derawan, PLN terus memupuk semangat agar kedepannya dapat mewujudkan kawasan wisata Green Island Pulau Derawan yang semakin ramah lingkungan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved