Berita Pemkab Kutai Barat

Pemkab-IPB Jalin Kerja Sama, Beri Kesempatan Mahasiswa Kubar Kuliah di Perguruan Tinggi Terbaik

Pemkab jalin kerja sama dengan IPB untuk memberikan kesempatan kepada calon-calon mahasiswa terbaik asal Kubar bisa kuliah di perguruan tinggi terbaik

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Kubar
Sekretaris Kabupaten Ayonius bersama Wakil Rektor bidang Internasional Kerja Sama dan Hubungan Alumni Dodik Ridho Nurrochmat menandatangani kesepakatan bersama antara Pemkab Kubar dengan IPB, Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Kesepakatan kerja sama dilakukan Pemkab Kutai Barat (Kubar) dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan langkah pemkab untuk memberikan kesempatan kepada calon-calon mahasiswa terbaik asal Kubar bisa kuliah di perguruan tinggi terbaik di Indonesia itu.

Kerja sama ditandatangani di ruang sidang Rektor 1 Gedung Andi Hakim Nasoetion, lantai 2, Bogor, Jumat (16/9/2022).

Turut hadir Ketua Tim BUD, Dekan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Wakil Dekan Sumberdaya SK dan Pengembangan Fakultas Ekologi Manusia, Dekan MIPA, Asdir Hubungan Alumni, dan Kadisdik Kubar.

Baca juga: Puncak Upacara Adat Kenyau di Kampung Dasaq, Budaya dan Adat Diharapkan Dukung Pembangunan Daerah

Wakil Rektor Bidang Internasional Kerja Sama dan Hubungan Alumni Prof Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat MSc F Trop IPU menjelaskan, IPB bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga-lembaga di pusat serta pemerintah daerah.

Saat ini kerja sama dengan pemerintah daerah paling banyak dan hampir di seluruh Indonesia.

"Semakin banyak kabupaten/kota bekerja sama dengan IPB tentu sesuai dengan visi IPB untuk memberikan manfaat bagi banyak orang tidak hanya di sekitar Jabotabek, tetapi di seluruh Indonesia. Karena pertanian, kehutanan, perikanan, kelautan. Semua bidang yang didalami di IPB berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan masyarakat seluruh Indonesia," ujar Dodik.

Berkaitan dengan kerja sama dengan Pemkab Kubar saat ini spesifik adalah Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Kerja sama ini untuk memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa terbaik di Kabupaten Kubar untuk bisa di IPB.

Baca juga: DPRD Kubar Gelar Rapat Paripurna, Agendakan Pandangan Umum Raperda Perubahan APBD 2022

Menurutnya, banyak alumni IPB yang sukses asalnya bukan dari kota besar, tetapi juga berasal dari daerah pedalaman.

Oleh karena itu, melalui BUD sistem rekrutmen atau kerja sama ini merupakan skema sebagai solusi bagi IPB dan pemerintah daerah.

Dengan kerja sama ini pula, IPB bisa mendapatkan mahasiswa dengan potensi yang terbaik dari berbagai daerah dan bagi daerah bisa menyalurkan generasi muda/mahasiswanya dengan potensi terbaiknya di universitas yang berkualitas terbaik.

Sekretaris Kabupaten Ayonius SPd MM mengucapkan terima kasih kepada IPB menerima mahasiswa Kubar dengan kerja sama.

"Kerja sama ini menjadi motivasi bagi anak-anak di Kubar, karena tanpa disadari pendidikan di Pulau Jawa jauh lebih maju dari daerah kita di Kaltim," kata Ayonius.

Baca juga: DP2KBP3A Kutai Barat Sosialisasi KLA di Sekolah-sekolah

Harapan Pemkab Kubar, mahasiswa yang menempuh pendidikan di IPB betul-betul memanfaatkan sempatan ini.

Ia juga berterima kasih kepada Dinas Pendidikan yang sudah menjalin kerja sama.

Untuk target kuliah tentu kembali ke dinas teknis, serta melihat kebutuhan dan potensi mana saja yang perlu dikembangkan.

Selain itu dengan kerja sama ini tentu diharapkan bantuan pemikiran dari IPB, agar bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan Pemkab Kubar.

"Kita di daerah tentu memerlukan pemikiran-pemikiran dari IPB, target dan harapan anak-anak yang berkuliah di IPB tidak hanya tiga orang tetapi akan dilihat kebutuhan Kubar serta sisi-sisi yang lain yang sungguh berdampak bagi Kubar,” ujarnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved