Berita Paser Terkini

Daftar Tunggu Calon Haji di Paser Capai 7.002 Orang, Estimasi Keberangkatan 30 Tahun

Untuk menghabiskan kouta pemberangkatan calon Jemaah Haji di Kabupaten Paser, perlu waktu puluhan tahun.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser, Abdurahman saat ditemui di ruang kerjanya menunjukkan data daftar tunggu calon jemaah haji di Kabupaten Paser, Kamis (22/9/2022). (TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Untuk menghabiskan kouta pemberangkatan calon Jemaah Haji di Kabupaten Paser, perlu waktu puluhan tahun.

Pasalnya saat ini, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser mencatat  ribuan calon jemaah haji yang menunggu pemberangkatan, Kamis (22/9/2022).

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Paser Abdurahman menyampaikan, daftar tunggu saat ini sebanyak 7.002 jemaah haji.

"Data kita di SISKOHAT untuk wilayah Paser sebanyak 7.002 calon jemaah haji yang terdaftar," kata Abdurahman.

Baca juga: Update Covid-19 Penajam Paser Utara, Kamis 22 September, Tambahan Satu Pasien Positif

Namun tak menutup kemungkinan, kata Abdurahman jumlah pendaftar calon jemaah haji akan terus bertambah.

Jika pemberangkatan calon jemaah haji normal seperti biasanya dengan 243 orang, maka di estimasikan semua jemaah calon haji diberangkatkan butuh waktu kurang lebih 30 tahun.

"Dari 7.002 calon jemaah haji yang menunggu giliran pemberangkatan, jika dibagi tiap tahunnya dengan kuota normalnya 243 orang, maka estimasi keberangkatan haji di Paser butuh waktu 30 tahun lamanya," papar Abdurrahman.

Hanya saja jika kouta pemberangkatan mengalami penurunan, seperti halnya tahun ini hanya 112 jemaah haji yang diberangkatkan, maka keberangkatan haji di Paser butuh waktu 60 tahun.

Baca juga: Bagaimana Cuaca di Paser Hari Ini, Kamis 22 September? Sebagian Wilayah Bakal Terjadi Hujan Ringan

Abdurahman menambahkan, pada 23 Oktober 2022 mendatang Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah akan berkunjung ke Indonesia.

Untuk itu, Ia berharap dengan adanya rencana kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ke Indonesia ada penambahan kouta pemberangkatan calon haji.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved