Berita Kukar Terkini

Mulai Diterapkan, Sebanyak 1.265 Warga Kutai Kartanegara Kantongi KTP Digital

Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital mulai diterapkan secara bertahap di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital mulai diterapkan secara bertahap di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. (TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital mulai diterapkan secara bertahap di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Penerapan KTP digital di Kutai Kartanegara sejak Juli 2022 lalu, sesuai dengan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Setidaknya sudah ada 1.265 warga Kutai Kartanegara yang sudah mengantongi KTP digital, dan terus bertambah tiap harinya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar, Muhammad Iryanto menjelaskan, pemberlakuan digital ID bertahap di internal pegawainya terlebih dahulu.

Baca juga: Teruna Dara dan Puteri Pariwisata Kukar 2022 Digelar, Ajak Kaum Milenial Kenali Potensi Wisata

Setelah rampung 100 persen, penerapannya kini menyasar seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar.

"Setelah ASN rampung, kemudian akan menyasar perguruan tinggi dan sekolah yang wajib KTP. Setelah selesai baru ke masyarakat umum," jelasnya, Kamis (22/9/2022).

Menurut Iryanto, inovasi KTP digital ini bertujuan memudahkan masyarakat, terutama pemilik akun yang lupa membawa fisik identitas kependudukan saat berada di luar rumah.

Meski demikian, kata dia, aplikasi itu tidak menghilangkan bentuk fisik dokumen kependudukan.

Baca juga: Balikpapan dan Kukar Daerah Temuan Terbanyak Kasus Positif Covid-19 di Kaltim

Apabila masyarakat sudah memahami IT, bisa mengimplementasikan KTP digital pada dokumen kependudukan dalam satu genggaman.

Karena tidak hanya KTP saja, di dalamnya juga ada data Kartu Keluarga beserta foto anggota keluarga. Selain itu, dalam satu akun akan terintegrasi dokumen lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved