Berita Kubar Terkini

Semenisasi Jalan Utama di Kampung Besiq Kubar Sudah Telan Rp 5 M, Pemkab Kubar Tambah Rp 5 M Lagi 

Progres semenisasi peningkatan akses jalan utama di Kampung Besiq, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat sepanjang 15,6 kilo meter ditargetkan rampun

Penulis: Zainul | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Progres semenisasi akses jalan utama di Kampung Besiq Kutai Barat terus dikerjakan dan ditargetkan rampung tahun depan dengan panjang 15,6 Km. (TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL) 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR  - Progres semenisasi peningkatan akses jalan utama di Kampung Besiq, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat sepanjang 15,6 kilo meter ditargetkan rampung tahun depan. 

Pembangunan jalan tersebut dimulai dari  simpang PT Gunung Bara Utama (GBU) dan nantinya akan menjadi akses utama penghubung antar Kampung di Kecamatan Damai.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kubar, Martoyosan mengatakan, ruas jalan yang diperbaiki dari simpang Tokong ke simpang PT GBU tersebut mulai dikerjakan sejak 2018.  Hingga mendekati akhir tahun 2022 ini, sudah terbangun kurang lebih 3,7 Km.

Baca juga: Kongres Luar Biasa Askab PSSI Kubar Resmi Digelar 

" Untuk tahun ini APBD murni tahun 2022 ada kegiatan di ruas tersebut sebesar Rp 5 miliar, kemudian di (anggaran) perubahan kemungkinan dianggarkan lagi Rp 5 miliar," kata Martoyosan," jumat (23/9/2022).

Dia menjelaskan untuk simpang PT GBU ke Kampung Besiq dengan total panjang ruas jalan 22 Km, sejak tahun 2018 sampai APBD murni tahun 2022 ada kurang lebih 16 Km,jadi tersisa 6 Km yang belum dikerjakan.

"Kemungkinan di APBD Perubahan tahun 2022 ada anggaran Rp5 miliar untuk ruas jalan ini. Dalam pengamatan kami, untuk pekerjaan secara teknis mutu sudah sesuai, hanya saja yang menjadi kendala di lapangan, ruas (jalan) ini cukup ramai dilintasi angkutan perusahaan sawit," jelasnya. 

Baca juga: Festival Luuq Melapeh di Kampung Linggang Melapeh Meriah, Ayo Promosikan Wisata Kubar di Medsos

Ia menambahkan, jika memang tersedia anggaran untuk tahun depan pekerjaan ruas simpang PT GBU menuju ke Kampung Besiq akan dituntaskan.

Adapun kontruksi yang digunakan kata dia, semuanya adalah rigid beton mutu K250 dengan ketebalan lapisan bawah 10 sentimeter,kemudian beton K 250 dengan tebal 25 sentimeter, jadi total 35 sentimeter.(*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved