IKN Nusantara

Otorita Masih Terima Aspirasi Perbaikan RDTR 4 Wilayah IKN Nusantara, Termasuk KIPP

Otorita IKN masih terima aspirasi perbaikan RDTR 4 wilayah IKN Nusantara, termasuk KIPP

TRIBUNKALTIM.CO - Otorita Ibu Kota Nusantara atau Otorita IKN dan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional masih membuka partisipasi publik terkait penyusunan Rencana Detail Tata Ruang ( RDTR) IKN Nusantara.

“Otorita IKN dan Kementerian ATR/BPN masih membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan, saran, dan tanggapannya terhadap 4 RDTR IKN melalui email ke dataikn@gmail.com hingga 27 September 2022,” kata Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono dalam keterangan tertulis, Minggu (25/9), dilansir dari Kontan.

Sidik menyampaikan, tanggapan tersebut merupakan bagian dari rangkaian konsultasi publik 4 RDTR IKN yang telah digelar pada Selasa, 13 September 2022 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca juga: Banjarmasin Gagas Jalan Tol, Kalimantan Selatan ke IKN Nusantara Bisa Makin Cepat

Otorita IKN berharap rangkaian kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh warga masyarakat untuk menyempurnakan rencana yang sudah ada.

Sidik menyebut, pada prinsipnya Otorita IKN mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik, oleh sebab itu prinsip transparansi dan partisipasi harus selalu terimplementasikan dengan baik, salah satunya melalui konsultasi publik yang terbuka.

Otorita IKN menyadari pelibatan peran masyarakat menjadi sangat penting dalam seluruh proses pembangunan IKN Nusantara, mulai dari persiapan, pembangunan, pemindahan, hingga nanti penyelenggaraan Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.

Baca juga: Persiapan IKN Nusantara, Polda Kaltim Dukung Penggunaan Kendaraan Berbasis Listrik

“Setelah tahap konsultasi publik tuntas, akan berlanjut dengan konsultasi lintas sektor sebelum RDTR tersebut ditetapkan dalam Peraturan Kepala Otorita IKN,” tutur Sidik.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menegaskan pentingnya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) IKN sebagai acuan penataan ruang IKN.

“Tata ruang merupakan salah satu acuan yang sangat penting untuk semua kepastian, seperti kepastian berusaha, kepastian hidup, dan sebagainya,” kata Bambang saat membuka Konsultasi Publik RDTR IKN, Selasa (13/9).

Ia menjelaskan RDTR IKN merupakan landasan untuk perencanaan beberapa tahun ke depan.

“Membangun Nusantara ini tidak hanya 1-2 tahun atau 5-10 tahun.

Bahkan kita punya staging dalam peraturan perundangan kita. Pertama tentu milestone tonggak sejarahnya hingga tahun 2024.

Pada 2045 insya Allah kita ingin take off dan menjadi bangsa yang tidak lagi berada di dalam negara middle income,” ungkap Bambang.

Bambang berharap dengan diadakannya konsultasi publik masyarakat bisa menyampaikan aspirasi untuk penyempurnaan RDTR IKN.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved