Aksi Petani di DPRD Kaltim

Temui Perwakilan SPI, DPRD Kaltim Janji Akan Rapat Bersama Pihak Pemprov Terkait Tuntutan Petani

DPRD Kaltim menerima masa aksi Serikat Petani Indonesia (SPI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kaltim dan menggelar rapat dengar pendapat (RDP).

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FAIROUSSANIY
Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji ditemui usai RDP dengan pihak Petani Kaltim yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia, Dewan berjanji akan mendorong OPD Pemprov Kaltim terkait persoalan pertanian yang dikeluhkan hari ini, Senin (26/9/2022). (TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FAIROUSSANIY) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - DPRD Kaltim menerima masa aksi Serikat Petani Indonesia (SPI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kaltim dan menggelar rapat dengar pendapat (RDP), Senin (26/9/2022), di gedung E Lantai 1. 

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji ditemui usai rapat menyampaikan informasi yang tak terjangkau dari pemerintah kepada para petani di Kaltim akan segera di dorong agar tersosialisasikan.

Seno juga turut didampingi oleh Anggota Komisi III Syafruddin ssat rapat bersama para petani.

Dalam keterangannya pula, Seno akan membawa keresahannya para petani agar perlu diketahui Pemprov Kaltim melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar terakomodir kepentingan petani.

Baca juga: Komisi IV DPRD Samarinda Sebut Pendidikan Agama Sebagai Kunci Dalam Tekan Angka Korupsi

Poin penting terkait akses Bahan Bakar Minyak (BBM), juga akan difasilitasi pihaknya, terlebih Pemprov juga telah menyediakan cara untuk mendapat akses memperoleh BBM.

Pendaftaran secara online bisa dilakukan, petani bisa mendaftar sebagai penerima BBM. 

"Jadi, sebetulnya selama ini mereka (petani) tidak mendapatkan informasi yang cukup tentang akses mendapatkan BBM, sebenarnya saya baru mendapat informasi juga dari OPD terkait bahwa mereka bisa mendaftar di SIMPOKTAN dan KUSUKA untuk mendapatkan kartu khusus," terang Seno.

Baca juga: Penanggulangan Stunting di Samarinda Tertinggi se-Kaltim, Wawali Sebut Jadi Tantangan bagi Pemkot

Oleh karena ada informasi tersebut yang justru tidak tersosialisasi secara menyeluruh, Seno nantinya akan mendorong Pemprov Kaltim melalui OPD terkait agar segera memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat terutama para petani yang ada di Benua Etam. 

"Perlu disosialisasikan lagi supaya informasi diterima oleh seluruh petani kita yang ada di Kaltim," tegasnya.

Komitmen kepada kelompok pertanian, perikanan dan sejenisnya juga didorong pihaknya.

Baca juga: Cuaca Samarinda Hari Ini Senin 26 September 2022, Langit Berawan Tebal saat Pagi

Terlebih DPRD menilai adanya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN), tentunya akan turut ikut mengawal dalam hal tersebut.

OPD terkait nantinya juga akan diminta mengevaluasi kinerja yang selama ini berlangsung, agar mengetahui apakah program yang tersedia telah diterima tepat sasaran atau belum.

"Perlu kita dorong untuk peningkatan ekonomi kerakyatan juga," pungkas Seno. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved