Berita Nasional Terkini

Nadiem Makarim Akui Tim Bayangan adalah Idenya, Shadow Organization Dipuji di PBB, Dikritik DPR

Nadiem Makarim akui Tim Bayangan adalah idenya. Shadow Organization dipuji di PBB, dikritik DPR

Instagram nadiemmakarim
Menteri Nadiem Makarim saat di PBB. Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim akui Tim Bayangan adalah idenya. Shadow Organization dipuji di PBB, dikritik DPR 

TRIBUNKALTIM.CO - Keberadaan Tim Bayangan atau Shadow Organization di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemdikbud Ristek ) jadi heboh.

Belakangan, Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim mengatakan Tim Bayangan atau "Shadow Organization" adalah Mirroring. 

Keberadaan Tim Bayangan atau Shadow Organization yang diakui Mendikbud Ristek Nadiem Makarim sebagai idenya mendapat pujian di PBB, namun dikritik anggota DPR.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pertama kali mencetuskan Shadow Organization di forum PBB bertajuk Transforming Education Summit di New York, September 2022.

Dalam forum PBB itu, Nadiem Makarim mengklaim memiliki 400 orang ahli dalam bidang IT termasuk product manager, software engineer, dan data scientist.

Dalam video yang diunggah di Instagramnya, Nadiem Makarim mengatakan, "(Mereka) bekerja sebagai organisasi bayangan yang bekerja sebagai tim yang melekat untuk Kementerian." 

Selain itu, Nadiem Makarim juga mengklaim 400 orang "Tim Bayangan" tersebut bukanlah vendor untuk kementerian.

Nadiem Makarim mengatakan, "Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jenderal yang beberapa di antaranya hadir di sini." 

Baca juga: Tim Bayangan Bentukan Nadiem Makarim Tuai Polemik, Anggota DPR Mengaku Tidak Pernah Dikomunikasikan

Dalam kesempatan itu, Nadiem Makarim juga menyebutkan produk yang telah diciptakan berupa aplikasi pendidikan membantu para guru dan murid.

"Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang kami buat.

Kami membuat situs belanja online untuk semua sekolah.

Bayangkan sekolah di daerah yang sulit dijangkau bisa belanja kebutuhan yang sama dengan harga yang sama dengan sekolah di kota besar," ungkap Nadiem Makarim seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.tv

Disemprot Anggota DPR RI

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat Anita Jacoba Gah mengkritik Nadiem Makarim, salah satunya mengenai Tim Bayangan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved