Berita Kukar Terkini

Naga Bekenyawa di Samarinda, Bukti Hubungan Erat Kesultanan Kukar dengan Kerajaan Bugis

Ia juga mengenang asrama polisi yang berada tepat di depan dermaga tersebut dulunya merupakan asrama para prajurit Tenggarong

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO
H. Adji Pangeran Hario Surya Adi Kusuma (adik Sultan Kutai Kertanegara Ing Martapura) disambut warga dan tokoh masyarakat saat melintasi Sungai Mahakam singgah di Derma Batang Aji Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang Kalimantan Timur pada hari penutupan Pesta Adat Erau, Minggu (2/10/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pesta Erau Adat Pelas Benua 2022 kini telah usai, Minggu (2/10/2022).

Sebelum memasuki puncak kegiatannya di Desa Kutai Lama, berbagai prosesi sempat dilalui.

Termasuk Naga Bekenyawa yang terselenggara di Dermaga Batang Aji Muksin, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Prosesi ini dihadiri langsung oleh Menteri Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Adji Pangeran Haryo Adi Kesuma.

Baca juga: Sultan Kukar dan Tokoh Adat Imbau Masyarakat Dukung Pembangunan IKN

Kedatangannya disambut oleh 40 prajurit barisan Bugis atau Jokaje Besi Bandranga, juga ratusan masyarakat Samarinda Seberang yang menyambut antusias.

Berbagai acara penyambutan pun dilakukan untuk menyambut kedatangan rombongan kesultanan Kutai ini.

Mulai dari proses tari-tarian, Tempung Tawar untuk mendoakan keselamatan perjalan pangeran bersama rombongan kesultanan-nya hingga pemberian berkat oleh Adji Pangeran Haryo Adi Kesuma bagi warga masyarakat yang hadir.

Untuk diketahui Pesta Erau memang sempat ditiadakan sejak 2019-2021 lalu akibat pandemi Covid-19 yang melanda.

Termasuk Naga Bekenyawa yang baru bisa terlaksana lagi di 2022 ini.

"Ekonomi kita baru bangkit. Oleh sebab itu ritual kali ini kita tidak membuat tenda dan langsung menyambut pangeran di dermaga Aji ini," terang Wakil Ketua Adat Samarinda Seberang (Lomboi) Abdul Gani kepada media saat dijumpai di lokasi kegiatan.

Baca juga: Serahkan Bantuan, Sultan Kukar Ing Martadipura Sempat Lontarkan Candaan Kepada Petugas Medis

Dijelaskannya Dermaga Aji memang selalu menjadi tempat persinggahan dari rombongan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura saat Erau tiba.

Di mana ritual ini menjadi pelestarian budaya, sekaligus mempererat silaturahmi antara Kesultanan Kutai dengan Kerajaan Bugis yang berada di Samarinda Seberang.

"Karena Samarinda Seberang masih merupakan wilayah Keraton dari Kesultanan Kutai," jelasnya.

Disambungnya, Naga Bekenyawa ini menjadi penanda terjalinnya hubungan yang erat antara Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dengan Kerajaan Bugis Wajo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved