Berita Paser Terkini

Operasi Zebra Mahakam 2022, Satlantas Polres Paser Bakal Gelar Patroli Berskala Besar

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022, Satlantas Polres Paser bakal melakukan patroli berskala besar.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Paser AKP Hari Purnomo ditemui usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Mahakam 2022 yang berlangsung di halaman Mapolres Paser, Senin (3/10/202). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022, Satlantas Polres Paser bakal melakukan patroli berskala besar.

Pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022 dilakukan selama 14 hari, terhitung sejak hari ini hingga pada 16 Oktober 2022 mendatang, Senin (3/9/2022).

Kasat Lantas Polres Paser AKP Hari Purnomo memastikan, pihaknya tidak melakukan razia di jalan raya.

"Kalau razia tidak ada, cuman kita lakukan patroli berskala besar dengan melibatkan Dishub, Satpol PP, dan TNI selama 14 hari," bebernya.

Pelaksanaan patroli berskala besar tersebut nantinya akan difokuskan di daerah perkotaan yang ada di Perkotaan Tanah Grogot hingga sampai ke Desa Janju.

Baca juga: Operasi Zebra Mahakam 2022, Polres Kutai Barat Target Turunkan Kasus Lakalantas

Ia juga menginstruksikan jajaran polsek untuk melakukan Operasi Zebra Imbangan di wilayah hukum masing-masing.

"Saya sudah sampaikan ke polsek-polsek untuk melakukan operasi imbangan, tetap melakukan patroli dan mengimbau masyarakat mengenai tertib berlalu lintas," imbuhnya.

Inti dari pelaksanaan Operasi Zebra, kata Hari, merupakan cipta kondisi persiapan operasi Lilin untuk Natal dan Tahun Baru.

Dia menjelaskan, nantinya juga akan dilakukan kegiatan penyuluhan dalam Operasi Zebra Mahakam 2022 dengan menyasar beberapa sekolah dan tempat lainnya.

"Kita berikan edukasi dengan memberikan penyuluhan, menyasar sekolah-sekolah dan tempat nongkrong anak muda," ujar Hari.

Baca juga: Operasi Zebra Mahakam 2022 di Paser, Digelar Secara Humanis

Lebih lanjut disampaikan, penindakan akan dilakukan jika didapati pengendara yang melanggar 7 prioritas pelanggaran.

Terdapat 7 prioritas pelanggaran yang rawan kecelakaan yaitu, tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, berkendara melebihi batas kecepatan, berboncengan lebih dari 1 orang, masih dibawah umur, menggunakan handphone saat berkendara dan berkendara dalam pengaruh alkohol.

"Kalau misalnya ditemukan pelanggaran kasat mata, maka imbasnya akan dilakukan penindakan penilangan STNK dan SIM, namun selama pengendara mengikuti aturan yang ada maka kita hanya akan melakukan imbauan saja," paparnya.

Kasatlantas Polres Paser mengimbau masyarakat untuk taat terhadap aturan saat berkendara.

Baca juga: Operasi Zebra Mahakam 2022 di Kukar, Pesan Kapolres AKBP Hari Rosena: dengan Humanis

"Kami imbau masyarakat yang mau berkendara ke mana saja, baik menggunakan roda 2 maupun roda 4 agar mengecek kelengkapan dan kondisi kendaraan, hindari kebut-kebutan dan tidak usah terburu-buru agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022, Satlantas Polres Paser tetap mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan edukasi kepada masyarakat. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.  

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved