Berita Paser Terkini

Operasi Zebra Mahakam 2022 di Paser, Digelar Secara Humanis

Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta menginstruksikan jajarannya agar mengedepankan tindakan humanis dalam pelaksanaan

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kapolres Paser, AKBP Kade Budiyarta menginstruksikan jajarannya agar mengedepankan tindakan humanis dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANAH GROGOT - Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta menginstruksikan jajarannya agar mengedepankan tindakan humanis dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022.

Hal itu disampaikan saat memimpin jalannya Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Mahakam 2022, yang di ikuti jajaran Kodim 0904/PSR, Dishub Paser, dan Satpol PP Kabupaten Paser, yang berlangsung di halaman Mapolres Paser, Senin (3/10/2022).

Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta menginginkan agar jajaran Lalu Lintas Polres Paser mampu mempersiapkan langkah-langkah yang efektif.

"Tujuannya agar dapat meningkatkan kesadaran para pengguna jalan menjadi lebih patuh dalam berlalu lintas dan keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas dapat terwujud," jelasnya.

Baca juga: Operasi Zebra Mahakam 2022 di Kutim, Berlangsung 14 Hari Menyasar 7 Pelanggaran Prioritas

Tak hanya itu, dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022 kata Kade, mengedepankan giat preemtif dan preventif yang persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.
 
Untuk sasaran Operasi Zebra Mahakam tahun ini, merupakan masyarakat pengguna jalan yang melakukan pelanggaran lalulintas yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalulintas.

Prioritas penindakan dilakukan kepada pengguna ponsel saat berkendara, belum memiliki SIM atau pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helem SNI.

"Tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara dalam pengaruh minuman beralkohol, dan melawan arus atau melebihi batas kecepatan," urai Kade.

Dijelaskan, dalam apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi jelang pelaksanaan Ops Lilin yang akan dilaksanakan di akhir tahun mendatang.

Pada Operasi Lilin nantinya akan mengangkat tema tertib berlalu lintas guna mewujudkan Kamseltibcar lantas yang presisi.

"Hal itu sebagai upaya dalam untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin dalam berlalu lintas, sehingga dapat tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran di jalan yang dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Pada pelaksanaan operasi zebra nantinya, juga dalam rangka mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya.

Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

"Data Operasi Zebra Mahakam tahun 2020, sanksi tilang sebanyak 10 pelanggaran dan tahun 2021 sebanyak 27 pelanggaran," papar Kapolres Paser.

(TribunKaltim.co/Syaifullah Ibrahim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved