Berita Nasional Terkini

Pemilik Tambang Emas di Bulungan Briptu Hasbudi Divonis 3 Tahun dan Denda Rp2 Miliar

Terdakwa tambang emas ilegal di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Briptu Hasbudi dituntut 3 tahun penjara dan denda sebesar Rp2 miliar

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Terdakwa tambang emas ilegal di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Briptu Hasbudi dituntut 3 tahun penjara dan denda sebesar Rp2 miliar subsider 6 bulan kurungan. TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO- Terdakwa tambang emas ilegal di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Briptu Hasbudi divonis 3 tahun penjara dan denda sebesar Rp2 miliar subsider 6 bulan kurungan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Bulungan saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Selor

Sidang yang digelar di Ruang Sidang Cakra, Senin (3/10/2022) itu dipimpin oleh Hakim Khoirul Anas sebagai Ketua Majelis Hakim, didampingi Fajar Kurniawan dan Cristoper selaku Anggota Majelis Hakim.

JPU dari Kejari Bulungan Rahmatullah Aryani, beralasan, Hasbudi terbukti melanggar pasal 158 juncto pasal 35 ayat 1 UU No. 3 tahun 2020 tentang perubahan atas UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Dalam putusannya, Majelis Hakim menilai terdakwa Hasbudi bersalah dan melanggar peraturan perundang-undangan sesuai dengan tuntutan jaksa penutut umum.

Baca juga: Pemilik Tambang Emas Ilegal di Bulungan Briptu Hasbudi Dituntut 3 Tahun Penjara dan Denda Rp 2 M

Baca juga: Polres Layangkan Surat Perpanjangan Penahanan Briptu Hasbudi ke Kejari Bulungan

Baca juga: Inilah Gaji Briptu Hasbudi, Polisi dengan Aset Miliaran Rupiah, Punya Tambang Emas di Kaltara

"Terdakwa secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana pertambangan tanpa izin," kata Khoril Anas dalam persidangan.

Pihak Majelis Hakim pun memutuskan Hasbudi harus menjalani masa tahanan selama 3 tahun dan denda sebesar Rp2 miliar subsider 6 bulan kurungan.

"Menjatuhkan pidana selama 3 tahun dan denda sebesar Rp2 miliar dengan ketentuan jika tidak dibayar maka diganti kurungan selama 6 bulan," katanya.

Menyikapi keputusan Majelis Hakim tersebut pihak terdakwa menyatakan pikir-pikir atas putusan. "Kami pikir-pikir dulu Yang Mulia," kata Penasehat Hukum Hasbudi.

Demikian juga dengan JPU dari Kejari Bulungan yang menyatakan pikir-pikir atas keputusan Majelis Hakim.

Baca juga: Bareskrim Turun Tangan, Briptu Hasbudi Diduga Juga Terlibat Peredaran Narkoba

"Baik dengan demikian perkara pidana No.147/Pid. Sus/2022/PN Tjs atas nama Hasbudi bin Sultan dinyatakan selesai dan ditutup," tegas Khoirul Anas. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Hakim PN Tanjung Selor Putuskan Briptu Hasbudi Bersalah, Pidana 3 Tahun Penjara dan Denda Rp 2 M, https://kaltara.tribunnews.com/2022/10/03/hakim-pn-tanjung-selor-putuskan-briptu-hasbudi-bersalah-pidana-3-tahun-penjara-dan-denda-rp-2-m.

Sumber: Tribun kaltara
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved