Berita Kaltim Terkini

Jokowi Dorong Kepala Daerah Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Wilayahnya, Isran Noor: Mari ke IKN

Presiden RI Joko Widodo mendorong semua kepala daerah agar terus mempromosikan potensi wisata wilayahnya agar dikunjungi wisatawan.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ibu Kota Nusantara tepatnya di titik nol yang dikunjungi wisatawan juga menjadi daya tarik Kaltim untuk mendatangan Wisman dan Wisnus. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Presiden RI Joko Widodo mendorong semua kepala daerah agar terus mempromosikan potensi wisata wilayahnya agar dikunjungi wisatawan.

Arahan ini disampaikan Presiden Jokowi saat mengumpulkan seluruh Kepala Daerah di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (29/9/2022) lalu.

Tentunya dengan adanya wisatawan baik luar dan dalam negeri bisa menjaga agar sektor pariwisata tidak mengalami defisit serta menjaga stabilitas devisa di tengah krisis global.

Gubernur Kaltim Isran Noor membenarkan apa yang diarahkan Presiden Jokowi.

Pasalnya, kekayaan alam dan kekhasan wisata Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote sangat indah, jauh lebih indah dari luar negeri, dia menyambut baik arahan Presiden.

Baca juga: Berpotensi Hasilkan PAD Besar, DPRD Kukar Minta Wisata Pulau Kumala Dikemas Lebih Menarik

Menurutnya, Kaltim yang telah menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN) juga sangat berpotensi untuk dikunjungi wisatawan mancanegara (Wisman) dan Wisatawan Nusantara (Wisnus).

"Alhamdulillah bagus itu arahan Presiden Joko Widodo. Kaltim sudah jadi IKN, mari ke IKN dan ke obyek wisata lainnya," ujar Isran Noor, Rabu (5/10/2022).

Tak hanya IKN, Benua Etam juga memiliki potensi dan objek wisata luar biasa lainnya di 10 Kabupaten/Kota.

"Ada Pulau Maratua, susur sungai, hutan mangrove, gunung batu dinding di daerah hulu, tak kalah dengan luar negeri. Ada even seperti Erau dan Festival Mahakam, serta even-even berskala nasional lainnya," ujar Isran Noor.

Baca juga: Satu Bulan Dibuka, Wisata Pulau Kumala di Kutai Kartanegara Hasilkan Rp 70 Juta

BPS Kaltim Mencatat Kunjungan Wisman Naik

Sementara itu Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim mencatat bulan Agustus 2022 ada sebanyak 163 Wisman berkunjung ke Benua Etam.

Jumlah tersebut naik 0,62 persen dibanding dengan jumlah wisman pada bulan sebelumnya.

"Total rata-rata lama menginap tamu di hotel klasifikasi bintang pada bulan Agustus 2022 mencapai 1,60 hari. Rata-rata lama menginap tamu mancanegara mencapai 2,29 hari, sedangkan rata-rata lama menginap tamu nusantara mencapai 1,59 hari," beber Kepala BPS Kaltim, Yusniar Juliana, Rabu (5/10/2022).

Menurut Yusniar, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Provinsi Kaltim pada bulan Agustus 2022 tercatat 60,32 persen, naik 18,34 poin dibanding TPK Agustus 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved