Travel

Gado-gado Tenda Biru Samarinda, Kuliner ala Idola Pelajar dan Karyawan

Mungkin bisa saja yang suka menyantap gado gado atau rujak buah dengan rasa tak pedas alias tanpa menggunakan cabai sedikit

Penulis: Nevrianto | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO
Warung Gado Gado Tenda Biru di Jalan Pirus Keluraham Buhis dekat SMPN 35 Kota Samarinda menyediakan menu khas gado gado dan rujak. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kudapan cenderung pedas merupakan ciri khas rasa dari gado gado maupun rujak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Mungkin bisa saja yang suka menyantap gado gado atau rujak buah dengan rasa tak pedas alias tanpa menggunakan cabai sedikit ketimbang penggemar gado gado dan rujak buah yang pedas mengingat pedas itu ada sensasinya.

Warung Gado Gado Tenda Biru di Jalan Pirus Keluraham Buhis dekat SMPN 35 Kota Samarinda menyediakan menu khas gado gado dan rujak.

Harga bandrolnya Rp 10.000 dan Rp 13.000 menggunakan telur Rp 10.000 rujak buah dengan owner proa paruh baya Yusuf yang terkadang ditemani sang istri Homisah dihafal pelanggannya daei berbagai kawasan di Samarinda dan sekitarnya.

Baca juga: Wisata Kuliner Samarinda, Rustic Camp dan Cafe, Siapkan Karaoke

Gado gado maupun rujak Tenda Biru dibawah pohon rindang eksis sejak 2012 menyajikan gado gado dengan sajian enaknya bumbu kacang diulek kayu menggunakan cobek tanah liat berukuran diagonal sekira 50 centimeter.

Apabila penikmat kuliner ingin menyantap lamgsung di warung Gado Gado Tenda Biru maka bumbu kacang dipadu bawang putih.

Kemudian cabai bisa diatur sesuai pesanan dicampur gula merah, secukupnya petis udang diulek dengan halus.

Selanjutnya cambah yang telah direbus, kangkung yang telah direbus, kemudian irisan tahu goreng, dan tempe goreng serta irisan lontong.

Baca juga: 6 Pilihan Kuliner Gado-gado Enak di Malang untuk Makan Siang, Gado-gado Campus Isinya Lengkap

Selanjutnya bumbu kacang kental ditumpahkan diatas bumbu kacang yang bisa langsung diaduk jadi satu saat masih diatas cobek tanah liat.

Tak lupa kerupuk melengkapi menambah suara khas kuliner Indonesia ini.

Bisa juga ditambahkan cingur atau irisan mulut sapi yang telah dimasak ituoun menyesuaikan pemesan atau penikmat kuliner.

Sedangkan menu gado gado yang dibungkus, bumbu kacang dipisahkan dibungkus menggunakan plastik bening yang awam digunakan membungkus gula.

Lontong, kangkung rebus, tempe goreng irisan, tahu goreng irisan kecambah rebus dibungkus masing-masing.

Baca juga: Rustic Camp Samarinda, Sajikan Kuliner Grill dan Suasana Outdoor Tenda

Termasuk kerupuk dipisahkan guna ketahanan kudapan gado gado bisa lebih tahan untuk dinikmati dirumah maupun ditempat penikmat kuliner bisa di rumah, dikantor maupun ruang memadai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved