Berita Kubar Terkini

Kodim 0912/Kbr dan BPBD Matangkan Ketangkasan Tim Dalam Antisipasi Karhutla dan Bencana Alam Lainnya

Pencegahan terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kutai Barat terus dilakukan, mengingat Kabupaten Kutai Barat.

Penulis: Zainul | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Apel gabungan dalam rangka tanggap bencana sekaligus simulasi penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga bencana alam lainnya di halaman Markas Kodim 0912/Kbr. (TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL) 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR  - Pencegahan terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kutai Barat terus dilakukan, mengingat Kabupaten Kutai Barat merupakan salah satu salah kawasan yang sangat rawan kasus Karhutla.

Sebagai salah satu garda terdepan penanggulangan Karhutla, Kodim 0912/Kbr kembali mempermantab kesiapan para anggotanya dengan menggelar latihan penanggulangan tanggap bencana dan Karhutla di wilayah Kutai Barat dan Mahakam Ulu. 

Kegiatan ini melibatkan sejumlah unsur terkait lainnya seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Barat, UPTD KPH, Damkar, Tagana, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Komandan Kodim 0912/Kbr melalui sambutannya yang dibacakan  Danramil Muara Pahu, Kapten Inf. Ade Tiana tujuan dari apel gabungan tanggap bencana ini sebagai upaya membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat ketika menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam serta menekan kerugian akibat dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Baca juga: Kontengen Atlet Kubar Sudah Kumpulkan 10 Medali Emas dan Perunggu di Popda Kaltim ke XIV

“Marilah kita bersama menanggulangi bencana alam yang merupakan tugas kita bersama untuk bersinergi dalam menghadapi masalah bencana di wilayah Kabupaten Kutai Barat,”katanya, Rabu (26/10/2022).

Untuk mewujudkan hal tersebut kata dia setiap tim harus menjaga kekompakan guna membangun sinergitas untuk lebih proaktif dalam penanganan bencana.

“Ayo bersama khususnya yang hadir dalam apel ini agar dapat menjadi leader yang selalu mengajak dan memberikan arahan kepada masyarakat luas untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam,” ajaknya.

Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan yang diwakili Asisten I Setdakab Faustinus Syadirahman mengatakan dalam upaya penanganan bencana,  seluruh elemen dapat bersama mengedukasi serta memberikan informasi penangganan, dampak dan resiko bencana kepada seluruh masyarakat dan perlunya dilakukan pemetaan bencana secara akurat.

Baca juga: DPMK dan BKAD Kubar Awasi ADD Agar Tepat Sasaran

“Saya berharap melalui kegiatan apel siaga bencana ini akan terwujud ketangguhan Kabupaten Kutai Barat dalam menghadapi bencana dan memberikan rasa aman kepada masyarakat umum,” katanya. 

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat terus mengoptimalkan diri dalam membangun kerjasama dan koordinasi dengan seluruh stakeholder serta dengan momentum ini upaya meningkatkan rasa kepedulian bersama menggiatkan pencegahan dan juga penanggulangan ragam bencana di Wilayah Kutai Barat.

Adapun latihan penanggulangan bencana Karhutla dan bencana alam lainnya ini meliputi upaya penangan kebakaran, pencegahan, hingga pemberian pertolongan kepada korban bencana alam. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved