Ibu Kota Negara

Bulog Kaltimtara Dukung Ketersediaan Pasokan Pangan dan Stabilitas Harga saat Pembangunan IKN

Bulog Wilayah Kaltim dan Kaltara (Kaltimtara) siap dukung ketersediaan pasokan pangan dan jaga stabilitas harga saat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN)

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTIM.CO, HERIANI
Kepala Wilayah Bulog Kaltimtara, Arrahim K Kanam, TRIBUNKALTIM.CO, HERIANI 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN –Bulog Wilayah Kaltim dan Kaltara (Kaltimtara) siap mendukung ketersediaan pasokan pangan dan jaga stabilitas harga saat pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Hal itu dikemukakan Kepala Perum Bulog Kanwil Kaltimtara Arrahim K Kanam di Balikpapan, Senin (7/11/2022) menanggapi terkait ketersediaan pasokan pangan dan stabilisasi harga dalam mendukung pemindahan dan pembangunan IKN.

Arrahim K Kanam mengatakan, Perum BULOG menyambut baik terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 24 Oktober 2022 lalu.

Dalam Perpres tersebut telah ditetapkan beberapa jenis pangan pokok tertentu yang akan dikelola oleh Pemerintah dalam Cadangan Pangan Pemerintah atau CPP.

Baca juga: Pembangunan IKN Nusantara di Kaltim Dimulai, Tahap Awal Hunian Pekerja dan TNI Polri

Dijelaskan, ada 11 pangan pokok tertentu yang perlu menjadi perhatian pemerintah dalam menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harganya.

Tahap pertama penyelenggaraan CPP meliputi tiga jenis pangan pokok, yakni beras, jagung, dan kedelai.

Ketiga pangan pokok tersebut diserahkan kepada Perum Bulog dalam penyelenggaraannya.

Gudang Bulog Kaltimtara di Jl Mayjen Sutoyo No 10 Gunung Malang Klandasan Ilir, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (26/2/2016).
Gudang Bulog Kaltimtara di Jl Mayjen Sutoyo No 10 Gunung Malang Klandasan Ilir, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (26/2/2016). (TRIBUN KALTIM / CORNEL DIMAS SK)

Selanjutnya, untuk penyelenggaraan CPP tahap berikutnya, akan ditetapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional.

“Sehubungan dengan adanya penugasan tersebut, Bulog Kanwil Kaltimtara siap memenuhi ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga untuk persiapan peningkatan jumlah penduduk dampak dari pemindahan IKN,” ujar Arrahim K Kanam.

Baca juga: Pembangunan Besar-Besaran IKN Nusantara, 16 Ribu Pekerja Datang, Rusun Disiapkan

Termasuk penambahan penduduk di Balikpapan, dimana kota ini merupakan daerah penyangga IKN Nusantara.

Bulog lanjut Arrahim K Kanam, mempunyai 26 Kanwil yang saling terhubung dan terkoneksi, yang bisa digunakan untuk saling support ketersediaan pasokan.

Ada daerah yang memerlukan pasokan lebih banyak maka akan bisa segera dilakukan distribusi pasokan.

Untuk menjaga pasokan pangan, Bulog Kaltimtara memiliki gudang beras di Labangka, Penajam Paser Utara yang merupakan gudang yang menampung produksi beras dari petani padi lokal.

Gudang penyimpanan yang saat ini ada di Balikpapan, Jl Mayjen Sutoyo, Balikpapan Tengah, dan satu lagi di Labangka, Penajam Paser Utara.

Baca juga: Progres Terbaru Proyek, Yakin Jokowi Bisa Upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved