Gempa Cianjur

Update Gempa Cianjur Hari Ini: 310 Korban Meninggal, BNPB Sebut Masih Ada Korban Belum Dilaporkan

BNPB menyebut, data korban meninggal dunia Gempa Cianjur bisa bertambah seiring pencarian yang dilakukan hari ini.

Editor: Ikbal Nurkarim
Kolase via Kompas dan Tribunnews
Kondisi terkini Gempa Cianjur. Data terkini yang dirilis BNPB pada Jumat (25/11/2022) malam mencatat ada 310 orang meninggal dunia dan 24 orang lainnya masih belum ditemukan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Update gempa Cianjur hari ini, 310 korban meninggal, BNPB sebut masih ada keluarga korban yang belum melapor.

Plt Kapusdatin Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyebut, data korban meninggal dunia Gempa Cianjur bisa bertambah seiring pencarian yang dilakukan hari ini.

Data terkini yang dirilis BNPB pada Jumat (25/11/2022) malam mencatat ada 310 orang meninggal dunia dan 24 orang lainnya masih belum ditemukan. Data ini, kata dia, bakal terus diperbaharui.

Lokasi dan cuaca disebut Muhari berpengaruh pada proses pencarian korban.

Baca juga: Update Jumlah Korban Meninggal Gempa Cianjur, 4 Jasad Guru TK Ditemukan Tewas Berpelukan dengan Anak

Untuk itulah, data juga disebut berpotensi berubah. Termasuk yang meninggal dunia.

Selain itu, menurut BNPB, data bisa berubah lagi lantaran masih banyak warga yang ternyata masih belum melaporkan anggota keluarga yang hilang usai gempa Cianjur yang terjadi Senin lalu tersebut.

"Dari 39 korban hilang pada hari sebelumnya, sudah ketemu 19. Kemarin di Warung Shinta, dari laporan warga ada 7 orang hilang, tapi tim menemukan 9, data berubah, pencarian terus dilakukan," kata Muhari Sabtu (26/11/2022) di Sapa Indonesia Pagi Kompas TV.

"Artinya, bisa jadi masih ada korban hilang belum terlaporkan oleh keluarga," sambung Muhari.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar warga yang masih belum bertemu atau kehilangan anggota keluarga untuk segera melapor ke BNPB atau petugas terkait supaya segera dilakukan pemetaan dan pencarian.

'Kami imbau warga yang keluarganya belum kembali, melaporkan langsung di pendopo utama di Bupati," tambahnya.

Baca juga: Update Gempa Cianjur: Intensitas Gempa Susulan Terus Melandai, BMKG Harap Masyarakat Tenang

Muhari menyatakan, fokus pencarian korban gempa Cianjur tetap akan berfokus di dua titik terparah, yakni di Cijedil dan sepanjang jalan Warung Sate Shinta Cianjur.

"Warung Shinta perlintasan itu padat. Itu masih ada tersembunyi. Masih banyak korban di titik pencarian itu. Jadi nanti kami berusaha agar korban bisa ditemukan, bagaimana pun kondisinya," jelasnya.

Lantas ia menyebutkan, kondisi cuaca berpengaruh pada pencarian korban gempa beberapa hari terakhir.

"Kondisi hari ini, awannya cukup tebal ya. Kita doa sama-sama sampai sore nanti, kalau berawan tidak sampai turun hujan. Secara umum kondisi berawan dan cukup baik," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved