Berita Kaltim Terkini

Gubernur Kaltim Isran Noor Resmikan Markas Baru Denpom VI/1 Samarinda

Dalam peresmian ini juga dihadiri Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Komandan Korem 091/ASN Brigjen Dedi Suryadi, Kapolda Kaltim

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO
Markas baru Detasemen Polisi Militer VI1 Samarinda yang baru di Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda Kalimantan Timur, diresmikan Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Danpuspomad Letjen Chandra Sukotjo, Msc pada Senin (28/11/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Markas baru Detasemen Polisi Militer (Denpom) VI/1 Samarinda diresmikan Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad), Senin (28/12/2022).

Lokasi markas baru tersebut berada di Jalan Slamet Riyadi, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan salah satu jalan protokol pusat kota.

Dalam sambutannya, Isran Noor juga mengucapkan atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kaltim selamat atas diresmikannya markas Denpom VI/1 Samarinda serta semoga ini pasti bermanfaat.

Dia menegaskan, Pemprov Kaltim memiliki sebuah komitmen dan kerjasama yang baik terhadap siapa pun.

Baca juga: Gubernur Kaltim Isran Noor Tegas Menolak Penghapusan Tenaga Honorer

"Termasuk semua instansi vertikal, apakah itu di Kodam, Kepolisian Daerah, Kejaksaan, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama dan sebagainya," kata Isran Noor.

Dilanjutkan Isran Noor, walau dalam segi Undang-Undang tidak boleh banyak anggaran membantu instansi vertikal ini, tepatnya pada tahun 2010.

Tapi, kalau tidak dilakukan Pemerintah Daerah, maka banyak fungsi dari instansi ini, yang kepentingannya untuk masyarakat Kaltim tidak berjalan dengan baik.

Itu sebabnya komitmen Pemprov, bahkan Pemkab dan Pemkot tetap bekerjasama dalam memberikan bantuan dalam hal pembangunan fisik infrastruktur.

Baca juga: Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi Beri Pesan Khusus kepada Masyarakat Jelang Pemilu 2024

"Kita juga membangun kantor Kejaksaan Tinggi Kaltim, kalau tidak salah Rp160 miliar (anggarannya). Kita juga membantu pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Rp500 miliar. Sebelahnya ini juga kita membangun Brimob, pokoknya apa saja yang bisa kita bantu," imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad), Letnan Jenderal TNI, Chandra W. Sukotjo memerintahkan jajaran Pomdam VI/Mulawarman tentunya dibawah pimpinan Pangdam, agar kehadiran Polisi Militer harus dirasakan positif oleh seluruh masyarakat.

"Dibangunkannya markas Denpom ini dari anggaran Pemprov, menunjukkan bahwa masyarakat Kaltim bisa menerima kehadiran Polisi Militer disini," tegas perwira berpangkat bintang tiga dipundaknya ini.

"Untuk itu saya perintahkan, para prajurit pomad yang ada di Kaltim untuk mengabdikan semua tenaga, upaya untuk kesejahteraan, keamanan dan kenyamanan warga Kaltim," sambungnya.

Letnan Jenderal TNI, Chandra W. Sukotjo juga mengatakan kehadiran Markas Denpom ini juga sebagai simbol kehadiran TNI AD yang disiplin.

Baca juga: Gubernur Isran Noor Santai Tanggapi Kasus Ismail Bolong yang Viral: Kaltim jadi Terkenal

"Jadi kenapa ditaruh di salah satu jalan protokol ini, supaya tercermin bahwa TNI AD di Kaltim, mencerminkan kedisiplinan," sebutnya.

Menurut Letnan Jenderal TNI, Chandra W. Sukotjo hal ini penting karena adanya Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim, prajurit diminta agar memberi contoh baik agar bisa mengemban tugas serta melayani masyarakat secara baik.

"Harus tercermin contoh ini lah etalase Indonesia, untuk itu siapa nanti yg mengawaki disini, memiliki tanggung jawab untuk itu," pungkasnya.

Dalam peresmian ini juga dihadiri Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Komandan Korem 091/ASN Brigjen Dedi Suryadi, Kapolda Kaltim, Kabinda Kaltim yang mewakili serta DPRD Kaltim, lalu ada juga jajaran Forkopimda Kaltim.

Wali Kota Samarinda Andi Harun juga terlihat tidak hadir di barisan kursi depan bersama tokoh Kaltim Said Amin yang juga Ketua MPW Pemuda Pancasila di Benua Etam. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved