Berita Berau Terkini

Sesuai Surat DPUPR Kaltim, Perbaikan Jembatan Sambaliung Berau Akan Dimulai Besok

Besok pada 1 Desember 2022 perbaikan Jembatan Sambaliung akan dimulai, Walaupun sempat terhenti dan diakui oleh Kepala Daerah Berau.

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Jembatan Sambaliung direncanakan akan ditutup pada 1 Desember. (TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Besok pada 1 Desember 2022 perbaikan Jembatan Sambaliung akan dimulai.

Walaupun sempat terhenti dan diakui oleh Kepala Daerah Berau, namun perihal penutupan tersebut tertuang dalam surat pemberitahuan pelaksanaan perbaikan Jembatan Sambaliung nomor 632/2908/BM-KASI JBT yang dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam surat itu berbunyi, sehubungan dengan Pelaksanaan Paket Pekerjaan Perbaikan Jembatan Sambaliung I sesuai kontrak dengan PT. Maluang Prima dengan nomor kontrak 603/094/PPKom-BM/KONT/JBT.SMBLI/VI/2022 tanggal 15 Juli 2022, disampaikan bahwa penyiapan jalan alternatif atau dermaga sementara (Jetty) telah selesai dikerjakan.

Seperti yang telah disampaikan melalui surat Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur, Nomor 630/2913/BM-KASI JBT, tanggal 24 Oktober 2022, perihal Informasi Kesiapan Pelaksanaan Perbaikan Jembatan Sambaliung.

Baca juga: Cuaca Berau Hari Ini, Berpotensi Hujan Sejak Pagi di Semua Wilayah

Dalam surat tersebut juga dijelaskan, berdasarkan hasil kajian teknis kondisi Jembatan Sambaliung sudah kritis, sehingga untuk keselamatan pengguna jalan maka pekerjaan Perbaikan Jembatan Sambaliung harus segera dilaksanakan.

Penutupan arus lalu lintas yang melewati jembatan akan dimulai pada tanggal 1 Desember 2022 sampai dengan pekerjaan perbaikan selesai dan jembatan
dapat difungsikan kembali yang diperkirakan selama empat bulan.

Disebutkan juga, sebelum perbaikan jembatan dimulai, maka sarana pendukung seperti lampu penerangan dermaga sementara dan life jacket harus sudah siap.

Baca juga: Polres Berau Kerahkan 300 Personel untuk Jaga Keamanan saat Natal dan Tahun Baru

Kemudian, Pejabat Pembuatan Komitmen Jembatan Sambaliung, Nyoman mengatakan, bahwa benar jembatan Sambaliung akan dilakukan penutupan pada 1 Desember mendatang.

Saat ini, semua persiapan jalur alternatif telah selesai dikerjakan oleh Pemkab Berau sehingga, perbaikan Jembatan Sambaliung bisa segera dilakukan.

"Betul 1 Desember 2022 nanti akan dilakukan penutupan, namun akan dilakukan simulasi dan uji coba dulu,” ujarnya kepada Tribunkaltim.co, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Wakil Bupati Berau Gamalis Akui Akses Darat Menuju Pintu Masuk Kabupaten Berau Butuh Evaluasi

Ia menambahkan, jadwal perbaikan telah ditunda beberapa kali dari yang seharusnya direncanakan akan dimulai pada Agustus lalu.

Hal tersebut dapat terjadi karena jalur alternatif belum siap, menurutnya Jembatan Sambaliung tidak bisa ditutup sebelum ada jalur alternatif bagi masyarakat, namun disisi lain kondisi jembatan yang sudah kritis mengharuskan perbaikan segera dilakukan.

"Intinya jalur alternatif harus sudah siap terlebih dahulu. Saya berharap tidak ada kendala berarti dalam pengerjaan kedepan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved