Kesehatan

5 Manfaat Rutin Minum Kopi Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Meningkatkan Kebahagiaan

5 Manfaat Rutin Minum Kopi Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Meningkatkan Kebahagiaan

Editor: Nur Pratama
curiosity.com
Ilustrasi wanita minum kopi 

TRIBUNKALTIM.CO - Ada 5 manfaat rutin minum kopi tanpa gula bagi kesehatan tubuh.

kopi bisa membawa manfaat kesehatan. Akan tetapi tidak semua kopi baik bagi kesehatan.

Kopi yang ditambahkan banyak gula malah bisa meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2. Sebaliknya, minum kopi hitam tanpa gula dapat mendatangkan lima manfaat kesehatan berikut ini.

Baca juga: 2 Fakta Unik Tempe dan Lengkap dengan 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh, Lebih Mudah Dicerna

1. Meningkatkan kesehatan mental

Minum kopi hitam setiap hari bukan hanya meningnatkan energi, tapi juga melindungi otak dari gangguan kognitif seperti Alzheimer, Parkinson, dan demensia.

Menurut Lifehack.com, kafein meninggalkan efek positif pada neurotransmiter otak sehingga meningkatkan daya ingat. Studi menunjukkan, konsumsi kopi hitam secara teratur mengurangi risiko pengembangan Alzheimer hingga 65 persen.

Kopi juga dikatakan dapat meningkatkan kadar dopamin di otak sehingga mengurangi risiko pengembangan penyakit Parkinson hingga 32-60 persen. Singkatnya, konsumsi kopi hitam sesuai yang disarankan dapat membuat seseorang lebih pintar karena stimulan psikoaktif. Baca juga: Kenali Tanda Infeksi Covid-19 Pakai Kopi, Begini Caranya

2. Meningkatkan energi

Minum kopi hitam bisa mendongkrak performa fisik. Kopi hitam dikatakan dapat meningkatkan tingkat epinefrin (adrenalin) dalam darah yang membantu tubuh menangani aktivitas fisik.

Dengan minum kopi hitam, seseorang dapat membuang lemak tubuh yang tersimpan. Selain itu, kopi hitam melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas.

Asam lemak bebas digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang berat. Oleh karenanya, kopi hitam disebut sebagai minuman terbaik sebelum berolahraga. Lihat Foto Ilustrasi kopi hitam di dalam cangkir. 

3. Menjaga kebersihan sistem

Kopi merupakan minuman diuretik yang artinya memicu seseorang buang air kecil lebih sering. Menurut WebMD, hal ini dapat membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh.

Minum kopi hitam tanpa gula dapat membantu tubuh mengeluarkan toksin berbahaya dengan cara alami. Selain itu, ada bukti yang menemukan peminum kopi hitam tidak sering jatuh sakit dibandingkan dengan peminum non kopi hitam.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved