IKN Nusantara

Menhub Cari Lokasi Pas Bandara VVIP Plus Pangkalan Udara TNI AU di IKN Nusantara

Menhub cari lokasi pas bandara VVIP plus Pangkalan Udara TNI AU di IKN Nusantara

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO - Kementerian Perhubungan tengah melakukan koordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan lokasi dari beberapa alternatif lokasi bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dilansir dari Kontan, Jumat lalu (20/1), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal bandara VVIP di IKN yang nantinya akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan.

"Kami melakukan overview dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang juga akan menjadi pangkalan udara TNI AU,” ucap Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (20/1).

Budi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengumpulkan data-data untuk penentuan lokasi yang akan dipilih sebagai bandara VVIP.

"Semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya,” tutur Budi.

Selain tinjau beberapa alternatif lokasi bandara VVIP, Ia juga meninjau bakal lokasi yang akan dibangun dermaga wisata di IKN.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari langkah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN.

Di mana hal tersebut menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2023.

Adapun sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

Untuk pelabuhan, Budi mengatakan, ada tiga alternatif lokasi. Namun kini sudah memutuskan satu lokasi, yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN.

Ia menambahkan, dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah.

"Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah.

Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” ucapnya.

Diketahui, TNI Angkatan Udara (AU) akan membangun radar dan landasan udara di Ibu Kota Nusantara.

Hal itu diungkapkan Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya M Tony Harjono saat acara coffee morning, Kamis (19/1/2023).

"Yang pasti di sana, Koopsudnas membangun radar, ada landasan juga," ujar Tony di Mako Koopsudnas.

Adapun radar itu difungsikan untuk memantau pergerakan pesawat yang melintas di langit IKN.

Tony menambahkan, beberapa skuadron juga akan ditempatkan di IKN.

"Kami TNI AU merencanakan yang terbaik untuk pertahanan udara khususnya," kata Tony. (*)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved