Kanal

Virus Corona Jadi Isu Internasional, Begini Dampaknya Bagi Pariwisata di Berau Kalimantan Timur

Warga menutut agar fasilitas wisata di Pulau Kakaban ini dibongkar, alasannya, fasilitas tersebut dibangun oleh pemerintah di atas lahan milik warga dan dibangun tanpa seizin pemiliknya.

TRIBUBKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Wabah virus Corona mulai berdampak pada pariwisata Indonesia, salah satunya pembatalan perjalanan wisata dari dan ke China.

Kondisi ini tak lepas dari adanya penutupan akses beberapa kota di China.

Kondisi ini juga dialami menurunnya jumlah wisatawan asing dari China yang berkunjung ke Kabupaten Berau yang memiliki sejumlah objek wisata yang dapat dikunjungi.

Meski demikian bagian Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Hotlan Silalahi keawak media beberapa waktu lalu mengatakan permasalahan tersebut, tidak berdampak signifikan oleh pariwisata Berau.

Ia menambahkan jika China merupakan salah satu sumber wisatawan yang cukup besar dalam melakukan kunjungan ke Indonesia, namun pihaknya hanya mengikuti perintah dari pusat.

"Jumlah kunjungan memang menurun, karena kewenangan masuknya wisatawan asing ada ditangan pihak Imigrasi," tuturnya.

"Tapi itu tidak bepengaruh besar, karna kebanyakan pengunjung merupakan dari negara tetangga seperti malaysia," pungkasnya.

Dari pihak Disbudpar Berau sendiri tidak membatasi jumlah Wisatawan dari China, hanya saja pihaknya telah mengikuti instruksi pemerintah yang menetapkan batasan penerbangan dan penginapan bagi warga China yang masuk ke Indonesia.

"Jika ada Wisatawan China yang berkunjung, berarti mereka bebas dari Virus Corona," lanjutnya.

Pembatasan itu sendiri berlangsung sampai wabah virus ini benar-benar dinyatakan hilang, dalam artian penormalan kunjungan Wisatawan dapat kembali seperti semula jika virus tersebut sudah tidak terdeteksi lagi.

WHO Umumkan Keadaan Darurat Global akibat Virus Corona (youtube tribun kaltim official)

Halaman
123
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim

VIRAL Video Tak Punya Uang Ayah Serahkan 2 Anaknya ke Petugas PSBB: Mau Beli Susu Duitnya Gak Ada

Berita Populer