Berita Kaltim Terkini

UPDATE Kasus Rita Widyasari, Dugaan Pemberian Uang Rp 5 M pada Mantan Penyidik KPK & TPPU Didalami

Terdakwa kasus suap pemberian izin lokasi perkebunan di Kutai Kartanegara Rita Widyasari menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (6/7/2018). Update kasus Rita Widysari, KPK masih dalami 2 kasus mantan bupati Kutai Kartanegara, yakni pencucian uang dan pemberian uang kepada eks penyidik KPK.

TRIBUNKALTIM.CO - Mantan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari masih terbelit sejumlah kasus hukum lain.

Hingga saat ini penangangan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang ( TPPU ) yang menyeret nama mantan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari ini masih terus diselidiki.

Selain kasus pencucian uang, Komisi Pemberantasan Korupsi juga tengah menyelidiki dugaan pemberian uang suap senilai Rp 5 M kepada mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju. 

Terkait dugaan pemberian uang dari mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari ke mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju, KPK juga akan melakukan pendalaman.

Diduga, Rita Widyasari, mantan Bupati Kutai Kartanegara tersebut diduga memberikan duit sebesar Rp5,17 miliar ke Robin untuk membantunya menangani kasus.

"Sepanjang ditemukan bukti cukup, KPK pasti tak segan menetapkan pihak siapa pun sebagai tersangka sebagai pengembangannya," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (6/9/2021) seperti dikutip Tribunkaltim.co dari Tribunnews.com di artikel yang berjudul KPK Dalami Dugaan Pemberian Uang Rp 5 Miliar dari Rita Widyasari ke Eks Penyidik Robin.

Juru bicara KPK tersebut menegaskan, KPK tidak akan segan-segan menindak Rita.

Akan tetapi, Ali mengatakan penindakan bakal dilakukan jika adanya bukti yang cukup.

Baca juga: 37 Koruptor Ajukan Peninjauan Kembali Termasuk Mantan Bupati Kukar Rita Widyasari

Baca juga: Dirut & Mantan Dirut PT Bara Kumala Sakti Diperiksa KPK Terkait Kasus Rita Widyasari, Ceritra Saksi

Baca juga: KPK Periksa 3 Saksi di Polresta Samarinda Terkait Kasus Mantan Bupati Kukar Rita Widyasari

"Kami tentu selalu informasikan setiap perkembangan proses penyidikannya secara transparan," kata Ali.

Dalam petikan dakwaan eks penyidik Stepanus Robin Pattuju yang diunggah di situs SIPP Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, diduga memberi uang sebanyak Rp5 miliar kepada Robin.

"Rita Widyasari sejumlah Rp 5.197.800.000,” seperti dikutip dari petikan dakwaan itu, Jumat (3/9/2021).

Halaman
1234