Berita Samarinda Terkini

Siswa SDIT Madina Semangat Adiwiyata Bersihkan Masjid di Samarinda

Penulis: Nevrianto
Editor: Samir Paturusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

GOTONG ROYONG SEMANGAT ADIWIYATA-Kegiatan gotong royong semangat adiwiyata dilakukan 29 siswa kelas 5 SD Islam Terpadu Madina dibimbing 12 ustaz ustazah membersihkan lingkungan Masjis Syaichona Cholil di Jalan Sultan Alimuddin Kecamatan Sambutan Kota Ssmarinda Kalimantan Timur, Minggu (31/11/2021). TRIBUNKALTIM.CO/HO/SDIT MADINA.

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA- Hari libur digunakan Guru dan sejumlah siswa SD Terpadu Madina, dengan kegiatan positif terlibat dalam kegiatan gotong royong, di masjid Syaichona Cholil di kawasan Jalan Sultan Alimuddin RT 02, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda Kalimantan Timur, Minggu (21/11/2021)

Tim Adiwiyata SD Terpadu Madina , Izzatul Faizah mengajak kader Adiwiyata kelas 5 Mu'adz bin Jabbal untuk menerapkan atau mengaplikasikan pembelajaran mengenai bergotong royong.

"Diharapkan pengaplikasian ini dapat diterapkan oleh peserta didik pada kehidupan sehari-hari kapanpun dan dimanapun mereka berada, dan kegiatan ini dapat dirasakan oleh warga dan lingkungan sekitar sekolah," katanya.

Izzatul Faizah akrab disapa Izza menambahkan kegiatan di Masjid Syaichona Cholil yang diikuti antusias 29 siswa kelas 5 dan 12 ustad dan ustadzah,  mendapat respon dan ijin dari ketua RT 02 dan sangat berterima kasih sudah berpartisipasi menjaga lingkungan khususnya masjid mengingat lokasi masjid sekitar 100 meter dari SDIT Madina.

Baca juga: Jelang Penentuan UMK Samarinda Tahun 2022, Komisi IV DPRD Harap Bisa Pulihkan Daya Beli Masyarakat

Baca juga: PPKM Level 3 Seluruh Indonesia, Komisi IV DPRD Samarinda Sebut Strategi Cegah Lonjakan Covid-19

Baca juga: Santri dan Warga Umum Dapat 1.500 Vaksin Covid-19 dari Binda Kaltim di Samarinda

"Siswa SD Antusias sekali, dijadwalkan datang ke sekolah pukul 07.30 Wita namun sekitar 5 siswa sudah hadir sebelum pukul 07.00 Wita.

Setiap siswa membawa alat kebersihan masing-masing sesuai kebutuhan membersihkan masjid baik bagian dalam maupun luar dan mengikuti arahan guru yakni ustadz ustadzah dengan tertib.

Ketika salah satu murid mengepel bagian dalam masjid tiba-tiba salah satu warga lewat membawa perlengkapan panggung, wajah murid tersebut sedikit syok tetapi tetap semangat mengepel," katanya.

SD Islam Terpadu Madina niat menanamkan semangat gotong royong cinta kebersihan berdasarkan
hadist  "Sesungguhnya Allah Maha Indah dan menyukai keindahan dan "Kebersihan sebagian dari Iman".

"Alhamdulillah sekolah kami sudah mendapatkan penghargaan tingkat Kota dan sedang menuju tingkat Provinsi.

Hal ini menunjukkan bahwa sekolah memiliki lingkungan yang asri, di dalam visi misi mengajak warga sekolah untuk mencintai lingkungan, pembelajaran mengacu pada penerapan kehidupan sehari-hari khususnya kecintaan pada lingkungan, sekolah kami bebas sampah plastik karena setiap warga sekolah membawa Tumbler dan tempat bekal, melaksanakan 3 R (Reuse, Reduce, Recycle)

Baca juga: UPDATE Stok Donor di PMI Samarinda Minggu 21 November 2021, Permintaan Terus Meningkat

Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.

Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali atau daur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat," tutupnya.