TribunKaltim/

Antisipasi Menghadapi Banjir, Wapena dan BPBD Paser Agendakan Pembersihan Parit

Mengantisipasi agar tidak terjadi banjir, Wapena dan BPBD Paser akan melaksanakan pembersihan parit di sekitar Grogot, Paser.

Antisipasi Menghadapi Banjir, Wapena dan BPBD Paser Agendakan Pembersihan Parit
istimewa/ tribunkaltim
Genangan air di pemukiman yang terjadi tanggal 24 September ini sempat dikeluhkan warga Jalan A Yani Tanah Grogot. (istimewa) 

TANA PASER, TRIBUN – Cuaca di Kabupaten Paser tidak menentu. Beberapa hari terakhir dilaporkan hot spot kebakaran hutan dan lahan menandai musim kemarau, namun tanggal 24 September lalu warga Kelurahan Tanah Grogot mengeluhkan banjir yang terjadi di kawasan Jalan A Yani, Pangeran Menteri, Jalan Sudirman an Jalan Tjokroaminoto.

Kondisi ini juga terjadi di sejumlah komplek perumahan dan rumah-rumah penduduk lainnya. Dalam media sosial (mesos), permasalahan banjir itu diskusikan dan beberapa diantaranya menanggapi bahwa banjir disebabkan parit (saluran air) dipenuhi endapan lumpur bercampur sampah.

Genangan air di pemukiman yang terjadi tanggal 24 September ini sempat dikeluhkan warga Jalan A Yani Tanah Grogot. (istimewa)
Genangan air di pemukiman yang terjadi tanggal 24 September ini sempat dikeluhkan warga Jalan A Yani Tanah Grogot. (istimewa) (istimewa/ tribunkaltim)

Warga setempat sebanarnya bisa membantu mengangkat endapan lumpur dan sampah, namun parit ditutup semen cor.

Diungkapkan pula bahwa dulu ada 6 gorong-gorong saluran air dari darat ke Sungai Kandilo, sekarang gorong-gorong hilang tak berbekas.

Baca: BLK Paser Studi Banding ke UPTLK Technopark Ganesha Sukowati Sragen

Baca: Dandim Serahkan Doorprize Usai Nobar G30S Bersama MAN IC Paser

Terkait keluhan ini, Wartawan Peduli Bencana (Wapena) Kabupaten Paser akan memfasilitasi kegiatan pembersihan drainase.

Kepala Dinkes Paser dr Dewa Made Sudarsana (dua dari kiri) dan jajarannya saat berada di halaman Puskesmas Senaken, Jumat (29/9).
Kepala Dinkes Paser dr Dewa Made Sudarsana (dua dari kiri) dan jajarannya saat berada di halaman Puskesmas Senaken, Jumat (29/9). (Sarassani/ Tribun kaltim)

Dengan bekerjasama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser, Wapena dan BPBD Paser sepakat menggelar aksi itu tanggal 6 Oktober 2017.

Baca: Tugas PBDKI Paser Mendata Pasangan Baru dan Update Data 2015

Baca: Diperpanjang Masa Pendaftaran Panwascam Wilayah Kecamatan di Paser

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help