TribunKaltim/

Edisi Cetak Tribun Kaltim

Kapolda: Waspada Bangkitnya Komunis

Pro dan kontra kebenaran kemunculan kembali ideologi sosialis tersebut seolah tak berujung, seperti bola yang terus menggelinding,

Kapolda: Waspada Bangkitnya Komunis
Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO - Bagian 'hantu' yang terus bergentayangan, ideologi komunis, termasuk Partai Komunis Indonesia (PKI) masih bergentayangan.

Pro dan kontra kebenaran kemunculan kembali ideologi sosialis tersebut seolah tak berujung, seperti bola yang terus menggelinding, semakin hangat diperbincangkan apalagi menjelang akhir-akhir bulan September.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin saat ditemui Tribun di Mapolda Kaltim, Kamis (28/9) lalu mengungkapkan, kebangkitan komunisme dan PKI sebagai bahaya laten harus selalu diwaspadai oleh seluruh komponen masyarakat.

Baca: Setelah Vertigo, Setya Novanto Disebut Menderita Penyakit Tumor Tenggorokan

Ketika ditanya spesifik soal perkembangan ideologi dan paham komunisme, khususnya di Kaltim Safaruddin menyebut saat ini belum ada indikasi yang mengarah kesana, namun ia meminta masyarakat tetap waspada.

"Di sini (Kaltim) belum saya lihat ada mengarah ke gejala potensi PKI, namun demikian tetap harus waspada," ujar Irjen Pol Safaruddin.

"Dulu pernah ada, tapi kan sampai penelitian, pemeriksaan, dan investigasi kita, tidak ada indikasi kesana," tambahnya saat ditanya apakah pernah ada benih-benih komunisme di Kaltim dan perkembangan terbaru gerakan ini.

Baca: Konflik Makin Panas, Giliran Musdalifah Dilaporkan ke Polisi Oleh Khairil Anwar

Ada banyak penelitian ilmiah baik dari kalangan akademisi Indonesia maupun luar negeri, yang menyebut komunisme dan PKI tumbuh cukup besar di Indonesia.

Khusus mengenai peran dan perkembangan komunisme dan PKI di Kaltim, peneliti sejarah berkebangsaan Indonesia, bernama Burhan Djabier Magenda di buku berjudul, East Kalimantan: The Decline of a Commercial Aristocracy, terbitan kerjasama Southeast Asia Program Cornell University, Ithaca, New York tahun 1991 mencatat, pada Pemilu 1955 di Kaltim, PKI sendiri sempat memperoleh sekitar 6.718 suara di Kutai, 788 suara di Berau, 703 di Bulungan.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help