Berita Eksklusif

Jumlah Penumpang di Bandara SAMS Menurun, Maskapai Sebut SLF Penerbangan masih Tinggi

Jumlah Penumpang di Bandara SAMS Menurun, Maskapai Sebut SLF Penerbangan masih terbilang Tinggi

Jumlah Penumpang di Bandara SAMS Menurun, Maskapai Sebut SLF Penerbangan masih Tinggi
Tribun Kaltim/Christine
Suasana di Terminal Pemberangkatan, Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Meski jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan turun dalam dua bulan terakhir, namun maskapai Citilink mengaku, bahwa seat load factor (SLF) penerbangan via Balikpapan masih terbilang tinggi. .

Sales Representative Citilink Area Balikpapan, Chandra Wahyudi, mengatakan, seat load factor penerbangan Citilink via Balikpapan masih di atas 80 persen. "Masih di atas 80 persen untuk periode Januari hingga Februari 2019," ujar Chandra kepada Tribun, Selasa (12/3).

Pantauan Tribun di situs pemesanan tiket pesawat Tiket.com, tiket penerbangan untuk maskapai Citilink rute Balikpapan-Jakarta pada Selasa, 19 Maret 2019 seharga Rp 1.390.800.

Jumlah Penumpang Bandara SAMS Sepinggan Turun, Sopir Taksi Bandara Mengeluh Sepi Orderan

Mengenai harga tiket, Chandra mengatakan harga tersebut terbilang normal lantaran terkait biaya operasional, baik operasional pesawat terbang meliputi bahan bakar avtur dan dan Passenger Service Charge (PSC).

Namun begitu, Chandra menambahkan tetap memberikan kenyamanan bagi para membernya melalui Supergreen Member, dengan diskon sekitar 10 hingga 15 persen untuk semua rute domestik.

"Untuk harga, kita ada spesial diskon bagi member yang dapat diakses di website Citilink, seperti promo saat ini, beli 2 gratis 1 untuk member," tukasnya.

Sementara harga tiket pesawat kategori LCC lainnya, yaitu Lion Air dilihat pada situs pemesanan tiket pesawat Tiket.com, tiket penerbangan untuk maskapai Lion Air untuk rute Balikpapan-Jakarta pada hari yang sama untuk penerbangan pukul 09.45 Wita Rp 1.315.000.

ketika Tribunkaltim.co mencoba konfirmasi terkait traffic penumpang dan lalu lintas maskapai Lion Air via Balikpapan, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, belum bisa memberikan keterangan terkait hal tersebut. "Terkait dengan itu akan kami kabari ya, mas," ujarnya melalui sambungan WhatsApp.

VIDEO - Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Alami Penurunan Jumlah Penumpang

Sementara untuk maskapai penerbangan kategori full service, Maskapai Garuda Indonesia, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Balikpapan mengatakan, saat ini untuk traffic Garuda Indonesia mengalami sedikit penurunan jika dilihat dari November-Desember 2018 dibandingkan Januari-Februari 2019.

"Saat ini traffic GA (Garuda Indonesia) menurun sedikit, ssekitar 6 persen," ujar Boydike. Mengenai harga tiket, Boydike mengatakan harga tiket yang ada saat ini memang merupakan harga ideal dengan kondisi bisnis saat ini. "Ekosistem yang dibangun saat ini, harga jual (tiket) tersebut ideal," tukasnya. (m04)

Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved