Kesehatan

Si Kecil Diharuskan dapat Kandungan Serat Bukan dari Minuman Serat Instan, Begini Tujuannya

Walaupun khasitanya baik untuk tubuh, namun untuk anak-anak menyarankan agar tidak mengonsumsi minuman berserat. Makan pisang.

Si Kecil Diharuskan dapat Kandungan Serat Bukan dari Minuman Serat Instan, Begini Tujuannya
kolase/mendemdurian/googlepict
Buah durian asli dari buah langsung, bukan dari olahan pabrikan minuman kemasan. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA — Saat ini banyak pilihan cepat untuk memenuhi berbagai kandungan yang dibutuhkan anak, di antaranya minuman serat instan.

Karena mengandung serat, minuman tersebut bertujuan untuk memperlancar pencernaan hingga membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada saluran pencernaan.

Walaupun khasitanya baik untuk tubuh, namun untuk anak-anak Dokter spesialis Gizi Klinis, Putri Adimukti menyarankan agar tidak mengonsumsi minuman berserat.

Sumber serat pada anak-anak sebaiknya berasal dari sumber serat murni yang didapatkan dari sayur dan buah-buahan.

Tribun Kaltim Raih 2 Kategori Juara Telkomsel JWPC 2018, Karya Tulis dan Fotografi

Lomba Aransemen Jingle Pemilu, KPU Kaltara Sampaikan Ayo Ramai-ramai ke TPS

“Kalau untuk anak kecil biasakan untuk konsumsi sayur dan buah-buahan misalnya wortel di kukus, buah juga bisa kalau sayur susah,” ungkap dr. Putri saat ditemui saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2019).

Beberapa anak ada yang enggan makan sayur dan buah-buahan, dr. Putri menyarankan agar orang tua mengubah cara pengolahan atau penyajiannya.

Misalnya jika kerap menyajikan buah atau sayur dalam potongan besar bisa memotongnya lebih kecil lagi. Kemudian sayur-sayuran juga bisa disajikan dengan makanan favorit si anak seperti menjadi campuran pada bakso.

“Sayur kan susah, pola kebiasaan saja, mungkin penyajiannya jangan sayur gede-gede, tapi kita cincang lalu kita masukin ke bakso,” pungkas dr. Putri.

Manfaat Makan Buah Pisang di Malam Hari

Buah pisang biasanya dikonsumsi saat sarapan dan jadi makanan sebelum berolahraga, selain itu pisang juga cocok juga sebagai pengganti makan malam.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved