Berita Eksklusif

Suami-Istri Menikah 17 Tahun Cerai Akibat Perselingkuhan via Facebook

"Entah apa penyebabnya, mungkin karena istri saya bertemu dengan pria lain. Sepengetahuan saya, istri saya main Facebook."

Suami-Istri  Menikah 17 Tahun Cerai Akibat Perselingkuhan via Facebook
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Pegawai Kantor Pengadilan Agama Samarinda, Kalimantan Timur, melayani warga yang mengurus dokumen perceraian, Senin (27/7/2015). Angka perceraian di Samarinda termasuk tinggi, dalam sehari ada 5 persidangan kasus perceraian. (TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO) 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Siti Zubaidah/Doan Ebenezer Pardede/Rudy Firmanto

Pengadilan Agama Tangani 16.337 Perkara Perceraian dalam 5 Tahun

TRIBUNKALTIM.CO - Bercerai memang bukan pilihan Anwar. Pria 45 tahun ini berpisah dengan istri dipicu alasan sepele, yakni Facebook. Rumah tangga yang sudah dibina 17 tahun, retak imbas dari dugaan perselingkuhan sang istri dengan seorang pengusaha yang dikenal via media sosial  tersebut.

Anwar, warga Gunung Empat, Kota Balikpapan, korban gugatan cerai. Sang istri mengugatnya ke Kantor Pengadialan Agama Jalan Kolonle H Syariffudin Yoes Nomor 1 Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan beberapa waktu lalu.

"Saya sebenarnya tidak ingin bercerai dengan istri, saya ini kerjanya jauh, di Samarinda, satu minggu sekali baru pulang. Tapi pada satu tahun lalu, tepatnya di bulan puasa, istri saya menggugat cerai saya," kata Anwar menceritakan kisahnya kepada koran Tribun Kaltim dan TribunKaltim.co.

Anwar satu dari warga keluarganya kandas. Angka perceraian di Kaltim, akhir-akhir ini memang relatif tinggi.

BACA JUGA: 242 Pasangan Kakek Nenek Usia Lebih dari 60 Tahun Kandas di Perceraian

Pegawai Kantor Pengadilan Agama Samarinda, Kalimantan Timur, melayani warga yang mengurus dokumen perceraian, Senin (27/7/2015). Angka perceraian di Samarinda termasuk tinggi, dalam sehari ada 5 persidangan kasus perceraian. (TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO)

Dalam lima tahun terakhir, di dua kota saja di Kalimantan Timur, yakni Samarinda dan Balikpapan, perkara yang diputus cerai mencapai 16.337 kasus. Ratusan kasus di antaranya melibatkan pegawai negeri sipil (PNS).

Usia perceraian pun bervariasi. Dari usia muda, 20 tahun ke bawah, sampai kakek-kakek atau nenek-nenek yang berusia lebih dari 60 tahun.

 BACA JUGA: Perselingkuhan Penyebab Terbesar Perceraian Kalangan PNS

Penyebab perceraian pun beraneka-ragam. Ada alasan tidak harmonis, karena gangguan pihak ketiga atau perselingkuhan, poligami, alasan cemburu, masalah perekonomian, dan lain-lain.

Halaman
1234
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Domu D.Ambarita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved